Mengenal Apa Itu Rekayasa reaksi kimia

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

22 Maret 2024, 15.22

Sumber: wikipedia.com

Rekayasa reaksi kimia

Rekayasa reaksi kimia, juga dikenal sebagai teknik reaktor atau rekayasa reaktor, adalah cabang khusus dalam bidang teknik kimia atau kimia industri yang fokus pada pengembangan dan pengoperasian reaktor kimia. Istilah ini sering kali terkait dengan sistem reaksi katalitik di mana terdapat katalis, baik homogen maupun heterogen, yang digunakan dalam reaktor. Terkadang, reaktor itu sendiri tidak berdiri sendiri, tetapi terintegrasi ke dalam suatu proses tertentu, seperti dalam bejana pemisahan reaktif, retort, sel bahan bakar, atau permukaan fotokatalitik. Selain itu, masalah yang berkaitan dengan pengaruh pelarut terhadap kinetika reaksi juga menjadi bagian penting dalam rekayasa reaksi kimia.

Asal usul teknik reaksi kimia

Rekayasa reaksi kimia sebagai bidang studi ilmiah mulai berkembang pada awal tahun 1950-an, didorong oleh para peneliti di pusat penelitian Shell Amsterdam dan Universitas Delft. Istilah "rekayasa reaksi kimia" tampaknya pertama kali digunakan oleh JC Vlugter ketika ia mempersiapkan Syposium Eropa pertama tentang Rekayasa Reaksi Kimia yang diselenggarakan di Amsterdam pada tahun 1957.

Disiplin

Rekayasa reaksi kimia memiliki tujuan untuk mempelajari dan mengoptimalkan proses reaksi kimia guna merancang reaktor yang paling efisien. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang interaksi fenomena aliran, perpindahan massa, perpindahan panas, dan kinetika reaksi sangatlah penting untuk menghubungkan kinerja reaktor dengan komposisi umpan dan kondisi operasional. Meskipun awalnya diterapkan dalam industri perminyakan dan petrokimia, pendekatan ini telah berkembang dan umumnya digunakan untuk mengoptimalkan berbagai sistem yang memerlukan pemodelan atau rekayasa reaksi. Dengan menggabungkan konsep kimia reaksi dan teknik kimia, rekayasa reaksi kimia memungkinkan pengembangan proses baru serta peningkatan teknologi yang sudah ada.

Buku

Beberapa buku kunci dalam bidang rekayasa reaksi kimia meliputi "Rekayasa Reaksi Kimia" edisi ke-2 oleh Lanny Schmidt (2004) yang diterbitkan oleh Oxford University Press dengan nomor ISBN 0195169255, "Teknik Reaksi Kimia" edisi ke-3 oleh Oktaf Levenspiel (1999) yang diterbitkan oleh John Wiley & Sons dengan nomor ISBN 9971512416 dan ISBN 9789971512415, "Elemen Teknik Reaksi Kimia" edisi ke-4 oleh H. Scott Fogler (2005) yang diterbitkan oleh Prentice Hall dengan nomor ISBN 0130473944 dan ISBN 9780130473943, "Analisis dan Desain Reaktor Kimia" edisi ke-2 oleh Gilbert F. Froment dan Kenneth B. Bischoff (1990) yang diterbitkan oleh John Wiley & Sons dengan nomor ISBN 0471510440 dan ISBN 9780471510444, serta "Dasar-dasar Teknik Reaksi Kimia" edisi ke-1 oleh Mark E. Davis dan Robert J. Davis (2003) yang diterbitkan oleh The McGraw-Hill Companies, Inc. dengan nomor ISBN 007245007X dan ISBN 9780072450071.

Simposium ISCRE

Konferensi yang paling berpengaruh adalah International Symposia on Chemical Reaction Engineering atau ISCRE. Konferensi tiga hari ini diadakan setiap dua tahun, bergantian di berbagai lokasi di Amerika Utara, Eropa, dan kawasan Asia-Pasifik, dalam siklus enam tahun. Acara ini menyatukan para peneliti terkemuka dalam bidang teknik reaksi, praktisi industri terkemuka, serta para peneliti dan mahasiswa baru dalam bidang yang beragam ini selama tiga hari. Simposium ISCRE menciptakan ruang bagi para insinyur reaksi untuk memperkuat hasil penelitian dan mengeksplorasi batas-batas baru. Keadaan terkini dari berbagai sub-disiplin rekayasa reaksi dievaluasi secara berkala, sementara inisiatif penelitian baru juga dibahas.

Penghargaan di bidang Teknik Reaksi Kimia

Dewan ISCRE menyelenggarakan dua penghargaan bergengsi dalam bidang teknik reaksi kimia untuk menghargai kontribusi peneliti senior dan junior setiap tiga tahun.

Penghargaan Neal R. Amundson untuk Keunggulan dalam Teknik Reaksi Kimia didirikan pada tahun 1996 oleh Dewan Direksi ISCRE. Penghargaan ini diberikan kepada para pionir dalam bidang Teknik Reaksi Kimia yang telah memberikan dampak yang signifikan pada teori atau praktik bidang tersebut melalui orisinalitas, kreativitas, dan kebaruan konsep atau penerapan. Pemenang penghargaan ini diumumkan setiap tiga tahun selama pertemuan ISCRE, dan mendapat pengakuan dalam bentuk plakat serta hadiah uang sejumlah $5000. Para pemenang penghargaan ini termasuk tokoh-tokoh seperti Neal Amundson, Rutherford Aris, Oktaf Levenspiel, dan lainnya.

Selain itu, Dewan Direksi ISCRE juga menetapkan Penghargaan Penyelidik Muda Rutherford Aris dalam Teknik Reaksi Kimia pada tahun 2016. Penghargaan ini diberikan kepada para peneliti muda yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam penelitian rekayasa reaksi eksperimental dan/atau teoretis pada tahap awal karir mereka. Penerima penghargaan harus berusia di bawah 40 tahun pada akhir tahun kalender saat penghargaan diberikan. Penghargaan ini meliputi plakat, honorarium sebesar $3000, serta dana perjalanan hingga $2000 untuk menyampaikan presentasi pada konferensi ISCRE/NASCRE dan memberikan kuliah di UOP. Beberapa pemenang penghargaan ini termasuk Paul J. Dauenhauer dan Yuriy Roman-Leschkov.

Kedua penghargaan tersebut menjadi penanda keunggulan dalam bidang rekayasa reaksi kimia dan merupakan pengakuan atas dedikasi dan inovasi para pemimpin masa depan dan veteran di bidang ini.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Chemical_reaction_engineering