Mengenal Apa Itu Rekaya Sistem

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

12 Maret 2024, 09.35

koleksibukukuliah.blogspot.com

Rekayasa sistem

Rekayasa sistem mengacu pada suatu pendekatan dan yang lebih baru lagi pada disiplin teknis. Tujuan dari rekayasa sistem adalah untuk secara fleksibel memformalkan berbagai pendekatan dan mengidentifikasi metode baru dan peluang penelitian yang sama dengan disiplin ilmu teknik lainnya. Teknologi sistem, sebagai suatu pendekatan, adalah pendekatan yang inklusif dan kolaboratif.

Masalah-masalah seperti rekayasa persyaratan, keandalan, logika, integrasi kelompok yang berbeda, pengujian dan evaluasi, pemeliharaan dan banyak topik lainnya yang diperlukan untuk keberhasilan desain sistem, pengembangan, implementasi dan pembuangan akhir lebih mungkin terjadi ketika berhadapan dengan proyek besar atau tugas yang kompleks. . Ini bisa jadi sulit. Aku akan merindukanmu. Peran insinyur sistem dan metode kerja proyek, teknik optimasi dan alat manajemen risiko. Ini tumpang tindih dengan bidang teknis dan manusia yang terkait dengan bisnis, rekayasa sistem, rekayasa sistem, teknik mesin, teknik mesin, teknik mesin, teknik komputer, teknik elektro, teknik siber, teknik dirgantara, pembelajaran organisasi, dan teknik manusia. Rekayasa Teknologi dan Manajemen Proyek. Rekayasa sistem memastikan bahwa semua aspek proyek atau sistem dipertimbangkan dan diintegrasikan ke dalam keseluruhan.

Proses rekayasa sistem merupakan proses penemuan yang berbeda dengan proses manufaktur. Manufaktur berfokus pada proses berulang yang menghasilkan kualitas tinggi dengan biaya dan waktu rendah. Rekayasa sistem dimulai dengan menemukan masalah yang tepat untuk dipecahkan dan mengidentifikasi kesalahan yang terjadi atau mempengaruhinya. Arsitektur sistem adalah solusi dari permasalahan tersebut.

Sejarah

Istilah rekayasa sistem berasal dari Bell Telephone Laboratories pada tahun 1940. Dalam proyek rekayasa yang kompleks, kebutuhan untuk mendefinisikan dan memanipulasi sifat-sifat keseluruhan sistem berbeda dengan pengumpulan bahan di dalamnya. Hal ini menimbulkan berbagai industri yang menggunakannya, terutama industri. perkembangan . sistem. Untuk Angkatan Darat AS.

Jika kemajuan dalam perbaikan sistem tidak dapat diandalkan dan alat-alat yang ada tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat, metode-metode baru akan mulai dikembangkan untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut. Kemajuan dalam rekayasa sistem melibatkan pengembangan dan definisi teknik dan metode pemodelan baru. Keterampilan ini akan membantu Anda lebih memahami desain dan pengembangan sistem mekanis yang lebih kompleks. Selama periode ini, dikembangkan alat yang banyak digunakan dalam lingkungan rekayasa sistem, termasuk USL, UML, QFD, dan IDEF.

Pada tahun 1990, Dewan Nasional Rekayasa Sistem (NCOSE), sekelompok ahli rekayasa sistem, didirikan oleh perwakilan beberapa perusahaan dan organisasi Amerika. NCOSE diciptakan untuk memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan teknik dan pendidikan. Ketika pendaftaran dalam teknik sistem di luar Amerika Serikat meningkat, nama organisasi tersebut diubah pada tahun 1995 menjadi International Council on Systems Engineering (INCOSE). Sekolah di banyak negara mungkin menawarkan program pascasarjana dan pilihan studi di bidang teknik sistem. Untuk mesin saat ini.

Konsep

Rekayasa sistem mengacu pada suatu pendekatan dan yang lebih baru lagi pada disiplin teknis. Tujuan dari rekayasa sistem adalah untuk secara fleksibel memformalkan berbagai pendekatan dan mengidentifikasi metode baru dan peluang penelitian yang sama dengan disiplin ilmu teknik lainnya. Teknologi sistem, sebagai suatu pendekatan, adalah pendekatan yang inklusif dan kolaboratif.

Asal dan Ruang Lingkup Ruang lingkup teknik tradisional adalah konsepsi, desain, pengembangan, pembuatan dan pengoperasian sistem fisik. Teknologi sistem, seperti yang pertama kali dipahami, termasuk dalam kategori ini. Dalam pengertian ini, "rekayasa sistem" mengacu pada penciptaan konsep mekanis.

Tumbuh ke Ruang Lingkup yang Lebih Luas Penggunaan istilah "sistem rekayasa" telah berkembang seiring berjalannya waktu hingga mencakup konsep "sistem" dan rekayasa yang lebih luas. Perkembangan definisi ini masih menjadi bahan perdebatan, dan istilah ini masih digunakan baik secara sempit maupun luas.

Rekayasa sistem tradisional mengacu pada cabang teknik dalam pengertian klasik, yaitu sistem fisik seperti pesawat ruang angkasa atau pesawat terbang. Dalam beberapa tahun terakhir, rekayasa sistem telah berkembang menjadi memiliki arti yang lebih luas, terutama ketika manusia dianggap sebagai bagian integral dari sistem. Misalnya, Peter Checkland menangkap arti luas dari rekayasa sistem dengan mengatakan bahwa 'rekayasa' "dapat dibaca dalam arti luas: pertemuan atau perjanjian politik dapat dirancang atau".

Konsisten dengan cakupan rekayasa sistem yang lebih luas, Badan Pengetahuan Rekayasa Sistem (SEBoK) telah mendefinisikan tiga jenis rekayasa sistem:

Rekayasa Sistem Produk (PSE) adalah rekayasa sistem tradisional yang berfokus pada desain sistem fisik yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Psikologi Sistem Struktural (ESP) berfokus pada pandangan suatu entitas, organisasi atau sekelompok organisasi, sebagai suatu sistem. Rekayasa Sistem Layanan (SSE) mengacu pada rekayasa sistem layanan. Checkland mendefinisikan sistem layanan sebagai sistem yang mengetahui bagaimana memberikan layanan kepada sistem lain. Kebanyakan sistem infrastruktur manusia adalah sistem layanan. Pendekatan holistik terhadap rekayasa sistem berfokus pada analisis dan perolehan persyaratan pelanggan dan persyaratan kerja di awal siklus pengembangan, mendokumentasikan persyaratan, dan kemudian beralih ke desain sistem, integrasi, dan verifikasi sambil mempertimbangkan semua masalah, siklus hidup sistem. Hal ini mencakup pemahaman menyeluruh terhadap seluruh pemangku kepentingan. Oliver dkk. Kami berpendapat bahwa tugas rekayasa sistem berikut dapat dihilangkan.

Rekayasa Teknis Rekayasa Teknis Rekayasa Teknis Manajemen Teknis Dalam model Oliver, tujuan manajemen operasional adalah mengatur aktivitas teknis sepanjang siklus hidupnya, sedangkan aktivitas teknis adalah mengevaluasi informasi yang tersedia, menentukan metrik yang baik, memodelkan perilaku, membuat model struktural, dan banyak lagi. .termasuk. Melakukan analisis pemasaran dan mengembangkan rencana pengembangan dan rencana pengujian.

Tergantung pada penerapannya, meskipun ada beberapa model yang digunakan dalam industri, semuanya bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara berbagai tahapan yang disebutkan di atas dan memasukkan umpan balik. Contoh model tersebut termasuk model Waterfall dan model VEE (juga disebut model V).

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Systems_engineering