Mengenal Apa Itu Pemulihan Energi

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

19 Maret 2024, 12.32

Sistem Pemulihan Energi Berner Tricoil di atas Pusat Bentang Alam Berkelanjutan di Pittsburgh, Pennsylvania (wikipedia)

Pemulihan Energi

Pemulihan energi adalah suatu teknik atau metode pemindahan energi dari satu subsistem dari keseluruhan sistem ke subsistem lainnya untuk mengurangi masukan energi ke sistem secara keseluruhan. Energi apa yang ada dalam sistem kecil, namun sebagian besar sistem hemat energi mentransfer energi panas baik secara sadar maupun diam-diam.

Dalam beberapa kasus, teknologi pendukung seperti penyimpanan energi panas harian atau penyimpanan energi panas musiman (STES, yang dapat menyimpan panas dan dingin di antara periode berbeda) harus digunakan. Contohnya adalah limbah panas dari sistem pendingin udara, yang disimpan dalam tangki penyangga untuk membantu pendinginan semalaman.

Prinsip

Prinsip ini umumnya berlaku pada sistem dimana terdapat aliran buang atau limbah yang keluar dari sistem ke lingkungan. Sebagian energi aliran material tersebut (udara atau air) dapat ditransfer ke aliran material lain atau tercampur. Aliran massa campuran ini sering terjadi di lingkungan sistem dimana suhu aliran limbah berada di bawah kondisi sekitar. Perbedaan suhu ini memungkinkan perpindahan panas dan perpindahan energi yang dapat dipulihkan. Mereka sering kali diperoleh dari air limbah atau gas yang mengalir ke udara segar dan saluran masuk air sebuah gedung, seperti sistem HVAC dan sistem proses.

Pendekatan sistem

Upaya merupakan bagian penting dari sebagian besar aktivitas manusia. Diet ini adalah konversi dari satu sistem energi ke sistem energi lainnya. Misalnya, dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik untuk menggerakkan komputer, lampu, mobil, dll. Energi masukan yang menggerakkan usaha sebagian besar diubah menjadi panas atau berguna dalam proses sebagai energi keluaran.

Sistem pemulihan energi mengumpulkan daya keluaran dan menyediakannya sebagai daya masukan untuk proses tersebut atau proses lainnya.Sistem pemulihan energi mengubah energi ini sehingga daya masukan tidak dilepaskan ke lingkungan dan menggunakan jenis lain tutup mulutmu apa yang ingin kamu lakukan.

Contoh

Berbagai teknologi hemat energi telah digunakan di berbagai lingkungan industri untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan mengurangi pemborosan energi. Misalnya, pabrik baja dapat menghemat panas dengan menjual air perpindahan panas di sekitar pabrik untuk menghangatkan rumah, toko, dan kantor. Dalam aplikasi transportasi, seperti kendaraan listrik dan kereta api, pengereman regeneratif memungkinkan energi yang hilang selama pengereman dikembalikan ke pemasok energi saat dilepaskan. Teknologi seperti sistem dekompresi aktif dan terapi pemulihan energi juga digunakan untuk memulihkan energi yang ada. Melalui inovasi seperti daur ulang energi, pemulihan panas air, dan pemulihan panas mesin uap, industri terus meningkatkan efisiensi energi dan mencari tempat bagi kehidupan alam.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Energy_recovery