Mengenal Apa Itu Kontrol Kualitas?

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

23 Februari 2024, 08.54

Inspektur kualitas di pabrik suku cadang mesin jahit Volkseigener Betrieb di Dresden, Jerman Timur, 1977. (Wikipedia)

Kontrol kualitas

Pengendalian mutu, atau pengendalian mutu (QC), adalah proses di mana perusahaan menilai kualitas semua elemen yang terlibat dalam produksi. Standar ISO 9000 mendefinisikan manajemen mutu sebagai aspek pengendalian mutu yang berfokus pada pencapaian persyaratan mutu.

Pendekatan ini berfokus pada tiga bidang utama yang termasuk dalam standar mutu seperti ISO 9001: Bidang pertama adalah elemen yang berkaitan dengan manajemen dan pengendalian kegiatan, prosedur yang ditetapkan dan manajemen yang baik, kriteria kinerja yang jelas, serta identifikasi dan identifikasi yang memadai. dokumentasi. benar Hal ini menunjukkan bahwa integritas proses dan transparansi sangat penting untuk mencapai integritas. Bagian kedua adalah keterampilan, pengetahuan, kemampuan, pengalaman dan kualifikasi yang relevan. Fokus pada keterampilan menunjukkan bahwa keandalan berkaitan erat dengan kemampuan individu dan kelompok dalam menjalankan tugas secara efektif dan efisien.

Selanjutnya, faktor ketiga adalah kepribadian, integritas, kepercayaan, budaya organisasi, dan motivasi. hubungan Elemen-elemen ini menciptakan lingkungan di mana keandalan dapat tumbuh dan berkembang. Kepercayaan dan semangat tim, misalnya, dapat meningkatkan kolaborasi dan kinerja yang konsisten. Begitu juga, budaya organisasi yang mempromosikan integritas dan motivasi individu untuk mencapai standar kualitas dapat membentuk dasar bagi sistem yang andal. Dengan merangkum elemen-elemen kontrol dan manajemen, kompetensi individu, dan elemen lunak, pendekatan ini menciptakan landasan yang kokoh untuk mencapai dan mempertahankan tingkat keandalan yang tinggi dalam suatu organisasi atau sistem..

Inspeksi adalah bagian penting dari pengendalian kualitas, yang melibatkan inspeksi visual terhadap produk sebenarnya (atau analisis produk akhir layanan). Pemeriksa produk diberikan daftar dan penjelasan tentang cacat produk yang tidak dapat diterima, seperti retak atau cacat permukaan.

Sejarah dan pengenalan

Perkakas batu awal, seperti nampan, tidak berlubang dan tidak terbuat dari suku cadang. Produksi massal adalah metode memproduksi suku cadang dan sistem dengan ukuran dan desain yang serupa, namun karena proses ini tidak konsisten, beberapa pelanggan tidak puas dengan produknya. Pengendalian kualitas memisahkan proses pengujian cacat suatu produk dari keputusan untuk menerima atau menolak pengiriman produk, yang mungkin ditentukan oleh kendala keuangan. Untuk pekerjaan kontrak, khususnya yang dipesan oleh instansi pemerintah, masalah pengendalian kualitas menjadi salah satu alasan utama kontrak tidak diperpanjang.

Bentuk pengendalian kualitas yang paling sederhana adalah garis besar apa yang dibutuhkan. Jika gambar tidak sesuai dengan elemen, maka ditolak dengan metode go/no-go. Namun, pabrikan tahu bahwa membuat suku cadang seperti yang ditunjukkan itu sulit dan mahal. Kemudian, sekitar tahun 1840, pembatasan diberlakukan. Di sini desain berfungsi ketika bagian-bagiannya diukur dalam batasnya. Oleh karena itu, kualitas ditentukan secara akurat dengan menggunakan alat seperti alat soket dan pengukur cincin. Namun hal ini tidak menyelesaikan masalah produk cacat. Daur ulang dan pembuangan akan meningkatkan biaya produksi serta upaya mengurangi tingkat kerusakan. Banyak metode telah diusulkan untuk memecahkan masalah pengendalian kualitas dan memutuskan apakah akan membiarkannya tidak terselesaikan atau menggunakan metode jaminan kualitas untuk meningkatkan dan menstabilkan operasi.

Pendekatan terkenal

Konsultan individu dan organisasi menyebutkan pendekatan unik mereka terhadap manajemen mutu, beberapa di antaranya digunakan secara luas.

Dalam manajemen proyek

Dalam manajemen proyek, pengendalian kualitas mengharuskan manajer proyek dan/atau tim proyek untuk memeriksa pekerjaan yang telah selesai untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut konsisten dengan ruang lingkup proyek.Faktanya, sebagian besar proyek memiliki tim kendali mutu yang berfokus pada bidang ini.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Quality_control