Mengenal Apa itu Histogram Part 1

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

26 Februari 2024, 10.33

Histogram waktu perjalanan (ke tempat kerja), sensus AS tahun 2000. Area di bawah kurva sama dengan jumlah kasus. Diagram ini menggunakan Q/lebar dari tabel. (Wikipedia)

Histogram

Histogram adalah representasi visual dari distribusi data numerik. Istilah ini diprakarsai oleh Karl Pearson. Langkah pertama dalam membuat histogram adalah "memisahkan" (atau mengelompokkan) rentang nilai. Artinya, rentang nilai dibagi menjadi serangkaian interval dan jumlah nilai yang termasuk di dalamnya dihitung. Di setiap bagian. Bins biasanya didefinisikan sebagai rentang variabel yang berkesinambungan dan tidak tumpang tindih. Wadahnya harus berdekatan, tidak sama ukurannya, tetapi ukurannya sama. Kotak-kotak tersebut memiliki lebar yang sama, namun terkadang ukuran yang digunakan tidak sama.

Titik referensi adalah perkiraan kasar kepadatan distribusi data yang mendasarinya dan digunakan untuk memperkirakan kepadatan, yaitu perkiraan fungsi kepadatan. Dalam variabel dasar. Total area histogram yang digunakan untuk kepadatan probabilitas diatur ke 1. Jika interval sumbu x semuanya 1, histogramnya sama dengan plot frekuensi. Histogram digunakan untuk data kuantitatif. Di sini, bin mewakili rentang nilai dan grafik batang adalah grafik variabel absolut. Beberapa penulis berpendapat bahwa ada spasi di antara persegi panjang dan batang pada grafik untuk menjelaskan perbedaannya.

Grafik batang dan histogram adalah dua jenis representasi data secara grafis. Meskipun terlihat serupa, terdapat perbedaan penting di antara keduanya yang penting untuk dipahami.Diagram batang adalah diagram yang menggunakan batang untuk mewakili frekuensi dan jumlah data di bagian yang berbeda. Batangan dapat berbentuk vertikal atau horizontal, dan biasanya disusun secara horizontal atau vertikal untuk memudahkan perbandingan bagian yang berbeda. Grafik batang bagus untuk menampilkan data yang dapat dipecah menjadi beberapa kategori, seperti jumlah siswa di berbagai kelas di suatu sekolah.

Namun, histogram adalah grafik yang menunjukkan sejauh mana sebaran data numerik. Ini adalah jenis grafik batang yang menunjukkan frekuensi atau jumlah pengamatan dalam rentang usia berbeda, yang disebut bins. Kontainer biasanya didefinisikan sebagai rentang variabel yang berkesinambungan dan tidak tumpang tindih. Histogram adalah representasi visual dari distribusi data, yang menunjukkan jumlah observasi di setiap nampan. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi pola dan tren data serta membandingkan kumpulan data yang berbeda.

Aplikasi

Dalam konteks hidrologi, indeks dan estimasi fungsi kepadatan digunakan untuk menganalisis data curah hujan dan limpasan. Data ini dianalisis menggunakan distribusi probabilitas untuk lebih memahami perilaku dan frekuensi kejadian. Misalnya, distribusi probabilitas dapat memprediksi frekuensi limpasan suatu sungai. Informasi ini penting untuk perencanaan dan pengelolaan sumber daya air serta membantu mitigasi banjir, penyediaan air, dan pengelolaan ekosistem sungai. Pemahaman yang lebih mendalam tentang distribusi probabilitas melalui bangunan terkenal dapat membantu para aktivis lingkungan hidup mengambil keputusan pengelolaan air yang lebih baik.

Dalam dunia pemrosesan gambar digital, fungsi histogram juga merupakan tugas yang penting. Alat histogram digunakan dalam berbagai program pemrosesan gambar untuk menunjukkan distribusi variasi piksel atau kecerahan pada suatu gambar. Histogram suatu gambar digital secara akurat menunjukkan distribusi intensitas warna atau kecerahan piksel pada gambar. Ini sangat berguna untuk mengedit dan menyempurnakan foto, memungkinkan pengguna melihat seberapa jenuh piksel pada nilai intensitas tertentu. Pemahaman visual ini membantu fotografer, desainer grafis, dan profesional pemrosesan gambar menyesuaikan dan meningkatkan kualitas visual gambar yang mereka kerjakan dengan tepat.

Misalnya, fenomenologi analisis hidrologi dan distribusi probabilitas menggunakannya. Analisis ini membantu merencanakan dan mengelola sumber daya air, serta mengurangi risiko banjir. Di sisi lain, dalam pemrosesan gambar digital, alat histogram memberikan gambaran visual tentang distribusi intensitas warna atau kecerahan piksel dalam suatu gambar, koreksi dan peningkatan gambar. Oleh karena itu, kedua fitur ini menunjukkan pentingnya histogram untuk menganalisis dan memahami distribusi data di berbagai aplikasi.

Disadur dari :https://en.wikipedia.org/wiki/Histogram