Mengenal apa itu Axiomatic product development lifecycle

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

21 Februari 2024, 09.34

Axiomatic Design Concept (Wikipedia)

Axiomatic product development lifecycle

Siklus Hidup Pengembangan Produk Aksiomatik (APDL) adalah model pengembangan produk rekayasa sistem yang diusulkan oleh Bülent Gumus yang memperluas metode Desain Aksiomatik (AD). APDL mencakup keseluruhan siklus hidup produk, termasuk faktor-faktor awal yang mempengaruhi keseluruhan siklus hidup seperti: B. Tes pengembangan, batasan input dan komponen sistem.

Model APDL memberikan pendekatan berulang dan bertahap bagi tim anggota transdisipliner untuk melakukan pengembangan produk secara holistik. Selain itu, APDL mengatasi beberapa kelemahan yang ditemui pada model pengembangan sebelumnya, termasuk aspek kualitas desain, manajemen persyaratan, manajemen perubahan, manajemen proyek, dan komunikasi pemangku kepentingan. Praktik APDL dapat membawa manfaat seperti mengurangi waktu pengembangan dan biaya proyek.

Gambaran Umum

APDL memperluas model desain aksiomatik (AD) dengan domain pengujian dan empat fitur baru, yaitu batasan input dalam domain fungsional, komponen sistem dalam domain fisik, variabel proses yang terkait dengan komponen sistem, tidak ada parameter desain, dan persyaratan fungsional dan input pelanggan yang ditetapkan kendala.

Dalam metodologi APDL, proses pengembangan parameter desain dan komponen sistem (detailed design) diusulkan menggunakan model proses berbentuk V. Proses ini dimulai dari atas ke bawah dan mempertimbangkan variabel proses (PV) dan unit test case (CTC). Selesaikan kasus uji fungsional (FTC) dan PV, CTC. Setelah semua elemen terintegrasi, pengujian produk dilakukan dengan pendekatan bottom-up. Pendekatan ini membantu mencapai integrasi yang efisien dan pengujian komprehensif di berbagai tingkat desain.

Domain APDL

Dalam model APDL, elemen dibagi menjadi beberapa domain untuk membentuk struktur pengembangan produk yang holistik. Berikut penjelasan masing-masing domain:

Domain Pelanggan: Persyaratan Pelanggan (CN) mencerminkan apa yang dicari pelanggan dalam suatu produk atau sistem.

Domain Fungsional: Persyaratan Fungsional (FR) mencirikan kinerja minimum yang harus dipenuhi oleh solusi desain, yang didokumentasikan dalam Spesifikasi Persyaratan (RS). Batasan Input (IC) juga dimasukkan dalam domain fungsional, ditentukan oleh CN, dan kemudian direvisi berdasarkan batasan lain yang mempengaruhi desain secara keseluruhan.

Domain Fisik: Parameter Desain (DP) adalah elemen desain dalam domain fisik yang dipilih untuk memenuhi FR tertentu.Komponen Sistem (SC) memberikan solusi desain kategoris dalam DP dan membuat hierarki arsitektur sistem fisik atau pohon produk. SC mengaktifkan Design Structure Matrix (DSM), manajemen perubahan, analisis dampak, dan manajemen biaya berbasis komponen.

Domain Proses: Variabel proses (PV) mengidentifikasi dan menjelaskan kontrol dan proses yang digunakan untuk menghasilkan SC.

Domain Uji:Pengujian fungsional mencakup serangkaian kasus uji fungsional (FTC) untuk memverifikasi bahwa sistem memenuhi FR. Kasus uji komponen (CTC) adalah analog pengujian fisik dari pengujian kotak putih dan memastikan bahwa komponen memenuhi FR dan IC yang ditetapkan sebelum diintegrasikan ke dalam sistem.Setiap komponen diuji untuk memastikan bahwa semua persyaratan dan batasan terpenuhi.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Engineering_design_process