Mengenal Apa Itu Arsitektur sistem

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

13 Maret 2024, 09.51

Contoh arsitektur sistem tingkat tinggi untuk komputer (wikipedia)

Arsitektur Sistem

Arsitektur sistem adalah model konseptual yang menggambarkan struktur, perilaku, dan aspek lain dari suatu sistem. Deskripsi arsitektur adalah deskripsi formal dan representasi dari suatu sistem yang dirancang untuk mendukung pemahaman tentang struktur dan perilaku sistem.

Arsitektur sistem dapat mencakup beberapa komponen sistem dan subsistem yang berkembang dan bekerja sama untuk mengimplementasikan keseluruhan sistem. Upaya telah dilakukan untuk memformalkan bahasa untuk menggambarkan arsitektur sistem, yang dikenal sebagai Architecture Description Language (ADL).

Gambaran Umum

Arsitektur sistem adalah sebuah konsep yang dapat didefinisikan dengan cara berbeda oleh organisasi yang berbeda. Hal ini mencakup aspek-aspek seperti struktur dasar sistem, bentuk dan susunan elemen fisiknya, serta pengamatan dan keputusan strategis mengenai struktur dan perilaku sistem. Arsitektur sistem juga mencakup deskripsi desain dan isi sistem perangkat lunak, deskripsi sistem formal, dan diagram arsitektur terintegrasi untuk produk dan siklus hidup. Hal ini mencakup struktur komponen, hubungannya, dan prinsip-prinsip yang mengatur desain dan pengembangannya dari waktu ke waktu.

Arsitektur sistem adalah deskripsi elemen sistem, hubungan antara elemen tersebut, dan aturan yang mengatur hubungan tersebut. Fokus utamanya adalah pada hubungan internal antara komponen sistem atau subsistem, dan pada hubungan antara sistem dan lingkungan eksternal, khususnya pengguna. Arsitektur sistem juga terkait dengan rekayasa arsitektur sistem (SAE), suatu disiplin ilmu dan metodologi untuk keberhasilan implementasi arsitektur sistem. SAE terdiri dari serangkaian langkah yang ditentukan untuk membuat atau memodifikasi arsitektur sistem dan menggunakan pengetahuan untuk memberi informasi kepada staf tentang cara paling efektif untuk merancang sistem dalam batasan yang ada.

Sejarah

Arsitektur sistem sangat bergantung pada praktik dan teknik yang telah dikembangkan selama ribuan tahun di berbagai bidang, dengan salah satu yang paling penting adalah arsitektur sipil.

Sebelum era komputer digital, elektronik, dan komponen mekanis lainnya, digunakan kata “sistem” yang masih digunakan hingga saat ini. Namun, dengan munculnya komputer digital dan perkembangan teknologi komputer sebagai disiplin ilmu tersendiri, seringkali perlu dibedakan antara perangkat keras, perangkat keras komputer, dan kombinasi keduanya. Artefak komputasi atau mesin komputasi yang dapat disesuaikan tidak akan berfungsi tanpa program komputer. Demikian pula, membangun sebuah komputer atau program tidak ada gunanya tanpa mesin yang tepat. Namun, peralatan mesin dan programnya dapat dirancang untuk melakukan banyak tugas abstrak dan fisik.

Dalam bidang rekayasa komputer dan perangkat lunak, serta dalam disiplin ilmu teknik lainnya seperti komunikasi, istilah "sistem" secara umum didefinisikan sebagai suatu objek yang berisi semua elemen yang diperlukan untuk melakukan tugas berguna tertentu, termasuk perangkat keras dan perangkat lunak. mahi. Oleh karena itu, dalam konteks ini, suatu sistem mengacu pada mesin perangkat keras yang dapat diprogram dan perangkat lunak yang digunakan. Insinyur sistem bertanggung jawab untuk memastikan bahwa program dapat berjalan dengan benar di dalam perangkat keras dan bahwa sistem yang terdiri dari dua entitas dapat berinteraksi dengan lingkungan eksternal, terutama pengguna, dan menjalankan fungsi yang dimaksudkan.

Arsitektur sistem menggunakan elemen komputasi dan perangkat keras untuk merancang sistem yang kompleks ini. Arsitektur yang baik mengatur elemen-elemen subsistem sedemikian rupa sehingga hanya ada sedikit koneksi di antara mereka. Idealnya, arsitektur ini memberikan kemampuan untuk dengan mudah memetakan kebutuhan pengguna dan memvalidasi kebutuhan pengguna, mulai dari item kecil hingga persyaratan dan pengujian lengkap.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Systems_architecture