Memahami Titik Koordinat Bumi dengan Datum Geodetik

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

10 Maret 2024, 02.02

Survei Trigonometri Besar India, salah satu survei pertama yang cukup komprehensif untuk menetapkan datum geodesi - Wikipedia

Datum geodetik, atau kadang disebut juga sistem geodetik, merupakan poin acuan global yang sangat penting untuk menggambarkan dengan tepat posisi suatu lokasi di Bumi atau planet lain melalui koordinat geodetik. Konsep datum ini menjadi krusial dalam berbagai teknologi dan metode yang berkaitan dengan lokasi spasial, seperti geodesi, navigasi, survei, sistem informasi geografis, penginderaan jauh, dan kartografi.

Sebuah datum geodetik terdiri dari beberapa elemen penting. Pertama, model bentuk dan dimensi Bumi, yang bisa berupa elipsoid referensi atau geoid. Kedua, asal di mana elipsoid atau geoid terhubung ke lokasi terkait di Bumi, sering kali ditandai dengan monumen. Dan ketiga, beberapa titik kontrol yang sudah diukur dengan sangat akurat dari asal dan kemudian dimonumenkan. Koordinat lokasi lainnya diukur dari titik kontrol terdekat melalui survei.

Sebelum kemunculan sistem pemosisian global (GPS), menentukan posisi suatu lokasi dengan tepat tanpa titik referensi universal seperti Meridian Utama atau Khatulistiwa adalah tugas yang rumit. Metode astronomi dan kronologis, meskipun berguna, memiliki keterbatasan presisi terutama untuk jarak yang jauh. Bahkan dengan GPS, kita masih memerlukan kerangka kerja yang telah ditetapkan, dan WGS 84, dengan elipsoid dan datumnya, telah menjadi standar dalam banyak aplikasi saat ini karena ditujukan untuk penggunaan global.

Penting untuk dicatat bahwa karena elipsoid atau geoid dapat bervariasi antar datums, dan memiliki asal serta orientasi yang berbeda di ruang, hubungan antara koordinat yang merujuk pada satu datum dengan yang merujuk pada datum lainnya tidak dapat didefinisikan dengan pasti dan hanya dapat diperkirakan. Penggunaan datum lokal dapat memberikan representasi yang lebih akurat untuk area tertentu, seperti OSGB36 yang lebih sesuai untuk wilayah Kepulauan Britania daripada elipsoid global WGS 84. Meskipun demikian, manfaat dari sistem global umumnya lebih diutamakan daripada keakuratan yang lebih besar, menjadikan WGS 84 sebagai pilihan umum.

Disadur dari https://en.wikipedia.org/wiki/Geodetic_datum