Memahami Sektor Industri Kayu dan Perrkayuan

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

09 Maret 2024, 03.04

Dua pekerja Swedia menggergaji batang pohon pada tahun 1905 - Wikipedia

Industri kayu atau industri perkayuan (kadang-kadang disebut "industri kayu" jika merujuk pada papan gergaji) adalah industri yang berkaitan dengan kehutanan, penebangan kayu, perdagangan, dan pembuatan hasil hutan primer dan produk kayu (seperti furnitur) serta produk sekunder seperti kayu pulp untuk industri pulp dan kertas. Beberapa produsen terbesar juga memiliki jumlah lahan hutan yang paling besar. Sepanjang sejarah, industri kayu telah dan terus menjadi komponen penting dari banyak ekonomi.

Dalam arti sempit, kayu, kehutanan, kehutanan, dan industri perkayuan/kayu tampaknya merujuk pada berbagai subsektor. Usaha-usaha besar yang terintegrasi yang mencakup seluruh spektrum silvikultur dan kehutanan sedang berkembang di negara-negara industri dan terinternasionalisasi. hutan atau perkebunan primer atau sekunder swasta melalui penebangan hingga pengolahan kayu, perdagangan, dan transportasi (seperti arung jeram, jalur kereta api hutan, jalan penebangan kayu).

Salah satu cara kayu lunak diproses dan dihasilkan berbeda dari kayu keras. Kayu lunak biasanya digunakan untuk membuat bahan bakar kayu, pulp, dan kertas, sementara kayu keras digunakan untuk furnitur, lantai, dll. Kedua jenis ini dapat digunakan untuk konstruksi bangunan dan (perumahan) (misalnya, rumah kayu, kabin, dan pembingkaian).

Kayu dan produk kayu, seperti kayu untuk rangka, kayu lapis, dan kayu buatan, dibuat dalam industri kayu dari batang dan dahan pohon. Proses penebangan dan penggilingan dimulai dengan pemilihan lokasi penebangan yang tepat dan diakhiri dengan pengolahan bahan kayu yang dipanen. Lokasi penebangan dan penggilingan harus disertifikasi untuk memastikan bahwa penebangan dan penggilingan yang dilakukan secara efektif akan menghasilkan keuntungan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Kayak diangkut dengan berbagai cara, biasanya dengan kendaraan darat dan dengan jarak yang lebih pendek. Untuk perjalanan yang lebih jauh, kayu diangkut melalui laut dengan kapal pengangkut kayu, yang diatur oleh Kode TDC IMO.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Wood_industry