Memahami Plywood, Bahan Bangunan dari Kayu dengan Kekuatan Tambahan

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

12 Maret 2024, 09.59

Sumber: Plywood atau kayu lapis merupakan Kayu lapis adalah material berbahan dasar kayu. Material ini punya kekuatan yang lebih dibanding kayu konvesional(Robert Weed)

Kayu lapis, juga dikenal sebagai triplek, adalah panel kayu yang terdiri dari beberapa lapisan kayu tipis yang direkatkan bersama secara melintang dengan sudut 90 derajat satu sama lain. Sejak zaman Mesir kuno, kayu lapis telah digunakan, seperti yang dibuktikan oleh temuan furnitur yang terbuat darinya. Namun, penggunaannya terlupakan hingga abad ke-19, ketika Revolusi Industri dimulai, sehingga membuatnya populer dan diproduksi massal.

Kayu lapis memiliki berbagai kualitas tergantung pada perekat yang digunakan atau jumlah lapisan veneer. Material ini sering digunakan dalam industri otomotif, manufaktur pesawat terbang, serta dalam berbagai bidang lainnya karena ketahanannya terhadap air yang baik. Proses pembuatan kayu lapis dimulai dengan mengupas batang kayu dan kemudian dikukus untuk melunakkannya, diikuti dengan merekatkan dan merotasi lapisan kayu untuk mengubah arah serat kayu. Perekat fenolik biasanya digunakan untuk merekatkan panel kayu, dengan langkah terakhir adalah pengamplasan untuk meratakan permukaannya.

Kayu lunak seperti pinus, birch, dan poplar adalah bahan umum yang digunakan untuk kayu lapis, meskipun jenis yang lebih mahal seperti jati juga tersedia. Kayu lapis memiliki kekuatan yang tinggi dan stabilitas dimensi yang baik karena efek saling mengunci pada setiap lapisannya, membuatnya cocok untuk struktur dengan beban berat di area dengan bagian yang tipis. Selain itu, kayu lapis ringan, mudah diproses, tahan panas, dan memiliki tampilan estetis yang menarik.


Disadur dari: properti.kompas.com