Manufaktur terintegrasi komputer

Dipublikasikan oleh Muhammad Farhan Fadhil

07 Maret 2022, 09.34

Gambar: otomotif.tempo.com

Manufaktur terintegrasi komputer (MTK) adalah pendekatan dalam proses manufaktur yang menerapkan penggunaan komputer dalam pengendalian seluruh proses produksi.Integrasi ini memungkinkan setiap proses untuk bertukar informasi dengan setiap bagian yang lain. Dengan integrasi komputer, selain manufaktur dapat lebih cepat dan mengurangi risiko kesalahan, keunggulan utama adalah kemampuan untuk membuat proses manufaktur berjalan otomatis. Pada umumnya manufaktur terintegrasi komputer mengandalkan proses kontrol loop tertutup, berdasarkan input real-time dari sensor.

Manufaktur terintegrasi komputer telah digunakan dalam industri otomotif, penerbangan, ruang angkasa dan pembangunan kapal. Terminologi "manufaktur terintegrasi komputer" merujuk pada metode dalam proses manufaktur dan istilah untuk sistem komputer otomatisasi dimana setiap fungsi-fungsi rekayasa, produksi, pemasaran dan sistem pendukungnya diorganisasikan dalam sebuah perusahaan manufaktur.

Dalam sistem MTK, area-area fungsional seperti desain, analisis, perencanaan, pembelian, akuntansi biaya, pengendalian inventaris, dan distribusi dihubungkan melalui komputer dengan fungsi-fungsi pada lantai pabrik seperti penanganan dan manajemen bahan, serta menyediakan kontrol langsung dan pemantauan keseluruhan operasi.

Sebagai metode manufaktur, terdapat tiga komponen membedakannya dengan metodologi manufaktur lainnya:

  • Sarana untuk penyimpanan data, pengambilan data, manipulasi data dan presentasi;
  • Mekanisme untuk mendeteksi kondisi dan memodifikasi proses;
  • Algoritma untuk menyatukan komponen pemrosesan data dengan komponen sensor/modifikasi.

MTK adalah contoh implementasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di bidang manufaktur

MTK menyiratkan bahwa setidaknya ada dua komputer yang bertukar informasi, mis. pengontrol lengan robot dengan sebuah pengendali mikro


Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika akan mengimplementasi MTK adalah

  • volume produksi,
  • pengalaman perusahaan atau personel untuk melakukan integrasi,
  • tingkat integrasi ke dalam produk itu sendiri dan integrasi proses produksi.

Sumber Artikel: id.wikipedia.org