Lukisan Abstrak Yang Luar Biasa 'Tetes' Karya Jackson Pollock Terjual Dalam Lelang Dengan Harga Mencapai Rp 645 Miliar

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

15 Maret 2024, 10.38

Sumber: hot.detik.com

Jackson Pollock, seorang maestro dalam seni lukis abstrak yang terkenal secara internasional, sering menjadi incaran kolektor seni di berbagai belahan dunia karena karya-karyanya yang ikonik. Christie's, sebuah balai lelang ternama, mengumumkan bahwa sebuah lukisan abstrak karya Pollock dengan gaya tetes khasnya dari periode pascaperang akan dilelang pada bulan Mei 2022.

Lukisan ini, dengan nomor lot 31, berasal dari tahun 1949 dan akan menjadi salah satu sorotan dalam lelang yang akan diadakan pada tanggal 12 Mei, yang didedikasikan untuk karya seni abad ke-20. Lukisan berukuran 31 x 22 inci ini merupakan salah satu dari serangkaian karya tetes yang diciptakan oleh Pollock selama kariernya.

Karya-karya ini telah menjadikan Pollock sebagai maestro dalam ekspresionisme abstrak, dan karyanya selalu mendapatkan perhatian tertinggi dalam lelang seni hingga saat ini. Lot lelang ini telah menjadi bagian dari retrospektif yang ditujukan untuk Pollock pada tahun 1967, dan kemudian pada tahun 1998 di Museum of Modern Art di New York.

Karya terakhir Pollock yang sebanding dengan ini dalam penjualan lelang adalah "Nomor 17" (1951), sebuah lukisan abstrak berwarna hitam di atas kanvas cokelat, yang menjadi pusat perdebatan dalam sidang perceraian pemiliknya. Lukisan ini mencatat rekor baru bagi Pollock dengan harga penjualan mencapai $61,2 juta dalam penampilan pertamanya di lelang.

Jika lukisan ini mencapai harga estimasi tinggi, akan menjadi salah satu dari empat karya seniman teratas yang pernah dijual di lelang. Ini bukan kali pertama karya tersebut ditawarkan dalam penjualan publik, terakhir kali dilelang lebih dari 30 tahun yang lalu pada Mei 1988 di Christie's, dengan harga penjualan mencapai $3,5 juta. Lukisan akan dipamerkan di Christie's Los Angeles sebelum kembali ke New York untuk dipajang menjelang penjualan pada tanggal 12 Mei.


Disadur dari: hot.detik.com