Limbah Beracun : Pengertian, Beserta Jenis-Jenisnya

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

28 Maret 2024, 15.26

Sumber : cnnindonesia.com

Limbah Beracun

Limbah adalah bahan sisa yang dihasilkan dari berbagai kegiatan, seperti rumah tangga, industri, pertambangan, dan lainnya. Limbah bisa berupa gas, debu, cair, atau padat. Di antara berbagai jenis limbah tersebut, ada yang memiliki sifat beracun atau berbahaya, dan ini dikenal sebagai limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Limbah B3).

Suatu limbah diklasifikasikan sebagai limbah B3 jika mengandung bahan berbahaya atau beracun yang bisa merusak lingkungan hidup atau membahayakan kesehatan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh limbah B3 termasuk bahan baku berbahaya yang tidak lagi digunakan karena rusak, sisa kemasan, tumpahan, sisa proses produksi, dan oli bekas kapal yang memerlukan penanganan khusus.

Bahan-bahan ini dianggap sebagai limbah B3 jika memiliki satu atau lebih karakteristik berikut: mudah meledak, mudah terbakar, bersifat reaktif, beracun, menyebabkan infeksi, bersifat korosif, dan sebagainya. Untuk mengetahui apakah suatu bahan termasuk limbah B3, sering kali perlu dilakukan uji toksikologi.

Jenis-jenis limbah beracun

Ada beberapa jenis limbah beracun yang perlu dikenali:

  • Limbah yang mudah meledak terjadi ketika bahan kimia bereaksi dan menghasilkan gas dengan suhu dan tekanan tinggi, berpotensi merusak lingkungan dengan cepat.
  • Limbah yang mudah terbakar akan dengan mudah menyala jika terpapar api atau sumber nyala lainnya, dan dapat terus terbakar dengan hebat dalam jangka waktu lama.
  • Limbah reaktif menyebabkan kebakaran dengan melepaskan atau menerima oksigen, atau berasal dari limbah organik peroksida yang tidak stabil pada suhu tinggi.
  • Limbah beracun mengandung racun yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan, bisa menyebabkan kematian atau sakit jika masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan, kulit, atau mulut.
  • Limbah yang menimbulkan infeksi dapat berupa limbah laboratorium yang terinfeksi penyakit atau mengandung kuman penyakit, seperti bagian tubuh manusia yang diamputasi atau cairan tubuh yang terinfeksi.
  • Limbah yang bersifat korosif dapat menyebabkan iritasi pada kulit atau mengkorosikan baja, dengan pH yang sangat rendah atau sangat tinggi.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Limbah_beracun