Lima Langkah untuk Peningkatan Kualitas Diri Menurut Immanuel Deo, Alumnus Berprestasi dari STEI ITB

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

25 Maret 2024, 09.27

Sumber: stei.itb.ac.id

Setelah melalui tahap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), mahasiswa baru siap memulai perjalanan baru dalam kehidupan kampus. Pada acara PMB tanggal 16 Agustus 2021, terdapat sesi sharing dari Immanuel Deo Silalahi, seorang alumni berprestasi dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB, yang kini bekerja sebagai Field and Reliability Engineer di perusahaan minyak dan gas, Schlumberger.

Selama kuliah dan setelah lulus, Deo telah mengalami berbagai pengalaman yang beragam. Dia aktif dalam organisasi mahasiswa, menjadi anggota dan delegasi dalam berbagai kegiatan serta kompetisi, dan akhirnya memulai karirnya di industri minyak dan gas. Deo juga memiliki impian untuk mendirikan sebuah perusahaan startup.

Dalam sharingnya, Deo memberikan lima tahapan untuk meningkatkan kualitas diri, yang mencakup:

  1. Tahap Awal, di mana individu mengenali diri mereka sendiri melalui berbagai metode seperti analisis SWOT dan 16 kepribadian.
  2. Tahap Pengembangan, di mana individu mengimplementasikan pengetahuan tentang diri mereka menjadi passion dan melakukan validasi melalui referensi dan umpan balik dari orang lain.
  3. Tahap Pemberian, di mana individu memberikan kontribusi kepada orang lain melalui kegiatan sukarela dan mendapatkan umpan balik untuk mengevaluasi kemampuan mereka.
  4. Tahap Kepemimpinan, di mana individu menjadi mentor dan mentee serta menjalankan kegiatan yang mereka gemari.
  5. Tahap Terobosan, di mana individu menjadi bermanfaat bagi masyarakat dan membawa perubahan positif.

Deo menekankan bahwa kesuksesan bukanlah satu-satunya parameter, tetapi bagaimana kita dapat membantu orang lain. Dia juga menyarankan agar setiap individu mengenali diri mereka sendiri dengan baik untuk menjalani kehidupan dengan penuh semangat dan kesenangan. Harapannya, dengan berbagi pengalaman Deo, mahasiswa baru dapat termotivasi dan menjadi panutan yang baik di kampus.

 

Disadur dari: stei.itb.ac.id