Kabar Terbaru! Netflix Kehilangan 970 Ribu Pengguna, Hal ini Terparah Sepanjang Sejarah

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Juli 2022, 16.41

www.fortune.com

Netflix kehilangan 970.000 pengguna di kuartal II, ataupun paling tinggi selama sejarah. Harga saham perusahaan AS ini juga anjlok sebesar 70 persen.

Platform video on - demand atau VoD, Netflix kehilangan 970.000 pengguna sepanjang kuartal II. Banyaknya pengguna yang hilang ini jadi yang paling parah selama sejarah perusahaan. Namun, pencapaian Netflix di kuartal II ini mengalahkan proyeksi sebelumnya. Perusahaan asal Amerika Serikat ini  pernah diramal kehilangan 2 juta pengguna di kuartal II. "Netflix kehilangan 970.000 pengguna saja, bukan 2 juta sebagaimana yang diperkirakan," dilansir dari GSM Arena, Rabu(20/7).

Dalam kuartal I, Netflix kehilangan pula 200.000 pengguna. Penyusutan angka pengguna ini ialah yang pertama kali dialami di 10 tahun terakhir ini.

Penurunan drastis angka pengguna ini membuat saham Netflix menurun sampai 70% dalam 1 tahun. Valuasi pasar menurun pula dari US$ 300 miliyar jadi di bawah US$ 90 miliyar kurang dari 1 tahun.

Netflix menyampaikan, salah satu alasan menurunnya jumlah pengguna ini disebabkan persaingan yang ketat dengan VoD yang lain." Saat ini kelihatannya bahwa persaingan membuat lebih sulit untuk kami tumbuh," ungkap CEO Netflix Reed Hastings dilansir dari Reuters, pada April(20/4).

Biaya berlangganan Netflix lebih mahal dibanding penyedia layanan VoD lain. Walaupun begitu, Netflix senantiasa optimis menaikkan 1 juta pengguna di kuartal III.

Terdapat beberapa strategi yang telah dipersiapkan oleh Netflix. Misalnya, Netflix sediakan layanan murah dengan memasang iklan di dalam kontennya. Netflix menggaet pula Microsoft selaku mitra dalam pemasangan iklan di konten.

COO Netflix Greg Peters berkata, Microsoft hendak menunjang Netflix dalam membangun penawaran berkaitan dengan iklan. " Microsoft menawarkan fleksibilitas bagi invasi, baik dari sisi teknologi ataupun penjualan," ungkapnya. Netflix mengumumkan sedang menguji fitur tambahan yang hendak dibebankan pada biaya tambahan sebesar US$ 3 dengan tujuan berbagi akun dengan pengguna lain. Ini supaya pengguna tidak pergi dari Netflix sebab permasalahan berbagi akun.

 


Disadur dari sumber katadata.co.id

Artikel lainnya