Jurusan Teknik Industri, Lulus dengan Kemampuan Serbabisa

Dipublikasikan oleh Muhammad Farhan Fadhil

02 Maret 2022, 13.07

(ISTIMEWA)

Jika kamu ingin memiliki kemampuan yang serbabisa, jurusan teknik industri bisa jadi pilihan yang tepat saat kuliah. Mengingat, teknik industri sendiri merupakan salah satu jurusan teknik interdisipliner.

Selain itu, jurusan ini juga cocok juga untuk kamu yang menyukai bidang studi teknik, sekaligus penasaran dengan program studi manajemen. Karena, teknik industri adalah bidang ilmu yang mempelajari proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik.

Teknik industri ini berfokus pada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem yang terintegrasi dengan peran manusia, material, peralatan dan energi. Teknik Industri sendiri dibagi menjadi tiga bidang besar.

Pertama adalah sistem manufaktur yang mempelajari peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi. Kedua adalah manajemen industri yang mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, dan ekonomi teknik.

Ketiga adalah sistem industri dan tekno ekonomi yang mempelajari peningkatan daya saing sistem integral berdasarkan logistik, statistik, penelitian operasional, dan sistem basis data.

Di samping itu, para lulusan jurusan teknik industri yang serbabisa ini, tentunya memiliki peluang kerja yang cukup luas. Mengingat, di dunia industri seperti pertambangan, perbankan, periklanan, layanan kesehatan, hingga otomotif membutuhkan tenaga-tenaga ahli dari lulusan teknik industri.

Tiga profesi diantaranya sedang tren bagi lulusan teknik industri di tahun 2021 ini yakni:

1. Quality controller

Bertanggung jawab untuk memastikan produk yang dihasilkan sudah memenuhi spesifikasi yang ditetapkan perusahaan, atau bahkan lebih baik untuk dipasarkan.

2. Product analyst

Bertugas menganalisis produk untuk mengembangkan strategi marketing yang paling tepat untuk produk tersebut agar nantinya perusahaan memprroleh keuntungan.

3. Health and safety officer

Tanggung jawabnya dalam pencegahan kecelakaan kerja, maupun berbagai penyakit yang ditimbulkan dan berada dalam lingkup pekerjaan. Pada umumnya, menganalisis lokasi proyek dan mengatur prosedur kerja agar tetap aman bagi semua pekerja.

Sumber Artikel: republika.co.id

Artikel lainnya