Jurusan Teknik Industri, Lulus dengan Kemampuan Serbabisa

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

15 Maret 2024, 15.47

(ISTIMEWA)

Teknik Industri

Jika Anda ingin memperoleh berbagai keterampilan, spesialisasi bisnis mungkin merupakan program studi terbaik untuk Anda. Ingatlah bahwa teknik industri juga merupakan proyek teknik yang terintegrasi. Selain itu, jurusan ini juga cocok bagi mereka yang menyukai teknik dan tertarik pada studi bisnis. Karena teknik industri merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari proses industri dari sudut pandang manajemen dan rekayasa.

Industri ini berfokus pada desain, peningkatan, dan integrasi sistem yang mengintegrasikan tenaga manusia, material, peralatan, dan energi. Sebagian besar operasi industri terbagi dalam tiga kategori. Yang pertama adalah bidang sistem produksi yang mempelajari bagaimana meningkatkan kualitas, produktivitas dan efisiensi sistem produksi. Kedua adalah manajemen industri, yang mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan dan manajemen operasi, dan ekonomi teknis.

Ketiga, sistem ekonomi industri dan teknis, yang mempelajari peningkatan daya saing sistem terintegrasi berbasis perangkat lunak, statistik, riset operasional, dan sistem basis data. Selain itu, lulusan departemen teknik industri ini memiliki banyak peluang kerja. Ingatlah bahwa industri seperti pertambangan, perbankan, periklanan, layanan kesehatan, dan otomotif membutuhkan pekerja terampil dari lulusan bisnis.

Tiga profesi diantaranya sedang tren bagi lulusan teknik industri di tahun 2021 ini yakni:

1. Quality controller

Bertanggung jawab untuk memverifikasi bahwa produk yang dihasilkan telah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan, atau bahkan lebih baik lagi untuk dipasarkan.

2. Product analyst

Tugasnya adalah menganalisis produk untuk merumuskan strategi pemasaran yang paling sesuai, sehingga perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari produk tersebut.

3. Health and safety officer

Tanggung jawabnya termasuk mencegah kecelakaan kerja serta penyakit yang terkait dengan lingkungan kerja. Ini melibatkan analisis lokasi proyek dan pengaturan prosedur kerja untuk menjaga keamanan bagi semua pekerja.

Disadur dari : republika.co.id