Istilah Kedokteran Kerja itu Apa?

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

28 Februari 2024, 10.15

advancedhealth.services

Kedokteran kerja

Kedokteran kerja, disebut kedokteran industri hingga tahun 1960-an, adalah bidang kedokteran yang berkaitan dengan pemeliharaan kesehatan di tempat kerja, termasuk pencegahan dan pengobatan penyakit dan cedera, dengan tujuan sekunder untuk mempertahankan dan meningkatkan hasil kerja dan adaptasi sosial.

Oleh karena itu, bidang kedokteran klinis bergerak pada bidang kesehatan dan keselamatan kerja. Para profesional OM bekerja untuk memastikan bahwa standar kesehatan dan keselamatan kerja tertinggi terpenuhi di tempat kerja. Meskipun OM dapat mencakup banyak disiplin ilmu, OM berfokus pada pengobatan pencegahan dan pengelolaan penyakit, cedera, dan kecacatan yang berhubungan dengan pekerjaan. Dokter industri harus berpengalaman dalam bidang kedokteran klinis dan memahami bidang-bidang penting. Mereka sering memberikan nasihat kepada organisasi internasional, pemerintah dan lembaga pemerintah, organisasi dan serikat pekerja. Hubungan kontekstual antara pengobatan fisik, pengobatan rehabilitasi, dan pengobatan asuransi. Baru-baru ini, seiring dengan semakin diakui dan diukurnya tingkat keparahan bahaya psikososial dan pekerjaan, terapi okupasi semakin fokus pada pengobatan bahaya pekerjaan ini.

Misi

Tujuan kedokteran kerja adalah untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kualitas hidup pekerja. Untuk mencapai tujuan tersebut, dokter kesehatan kerja harus memenuhi persyaratan tertentu. Pertama, Anda perlu mempertimbangkan bahaya di tempat kerja, termasuk toksisitas bahan yang digunakan. Kemampuan untuk mengidentifikasi risiko ini memungkinkan perancangan strategi pencegahan yang efektif.

Praktisi kesehatan kerja juga harus menilai kesehatan pekerja di tempat kerja. Hal ini mencakup kemampuan untuk menilai apakah status kesehatan seseorang sesuai dengan persyaratan suatu pekerjaan. Dokter kesehatan kerja juga bertanggung jawab atas diagnosis dan pengobatan penyakit dan cedera yang terjadi karena sifat lingkungan kerja, undang-undang dan peraturan. Peraturan negara tentang kesehatan kerja. Hal ini memungkinkan kami untuk menawarkan dukungan penuh untuk mendorong pemulihan pekerja dan menerapkan kebijakan kesehatan dan keselamatan. Hal ini termasuk mengatur program kesehatan, mengawasi penerapan prosedur keselamatan dan membimbing karyawan untuk mencapai standar kesehatan terbaik. Dengan memenuhi seluruh kriteria tersebut, dokter kesehatan kerja dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan dan produktivitas karyawan.

OM dapat digambarkan sebagai:

Ini menggabungkan pengobatan klinis, penelitian dan advokasi bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan dari profesional kesehatan untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang tepat untuk kondisi mereka. Tergantung perusahaan mana yang mencari keuntungan terbesar. , terlepas dari dampaknya terhadap karyawan kami dan komunitas yang mereka layani.

Sejarah

Buku pertama tentang kedokteran kerja, De Morbis Artificum Diatriba (Penyakit Pekerja), ditulis oleh dokter Italia Bernardino Ramazzini pada tahun 1700.

Badan pemerintah

Amerika Serikat

  • Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH)
  • Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA)

Federasi Rusia

Institut Penelitian Kedokteran Kerja Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia (Moskow)

Organisasi non-pemerintah

Internasional

  • Komisi Internasional untuk Kesehatan Kerja (ICOH)
  • Institut Kedokteran Kerja (IOM)

Kanada

  • Spesialis Kedokteran Kerja Kanada

Britania Raya

  • Fakultas Kedokteran Kerja

Amerika Serikat

  • American College of Occupational and Environmental Medicine (ACOEM)
  • American Osteopathic College of Occupational & Preventive Medicine (AOCOPM)

Eropa

  • Masyarakat Eropa untuk Kedokteran Lingkungan dan Kerja (EOM)

Australia

  • ANZSOM Australia https://www.anzsom.org.au/
  • ANZSOM Selandia Baru https://anzsom.org.nz/

 

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Occupational_medicine