Ini 5 Skill Teknologi Paling Dicari Saat Pandemi

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

27 Maret 2024, 08.45

(SHUTTERSTOCK/GORODENKOFF)

KOMPAS.com - Akibat pandemi COVID-19, banyak pekerjaan yang dilakukan di rumah. Sekolah, universitas, agama, pekerjaan, dll. Jadi masyarakat perlu beradaptasi dengan teknologi dengan cepat. Banyak bidang teknologi yang meningkat selama pandemi ini. Contoh representatifnya adalah Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan (A.I.). Mereka mengatakan beberapa teknologi mempunyai potensi besar bahkan setelah pandemi ini. Misalnya, ilmu data, pengembangan aplikasi seluler, desain UI/UX.

Untuk menguasai bidang-bidang tersebut, seseorang perlu menguasai banyak keterampilan teknis. Keterampilan apa yang menurut Anda paling dibutuhkan selama pandemi? Berdasarkan situs Institut Teknologi Batam (Iteba), inilah lima teknologi yang paling diminati di masa pandemi. 

Internet of Things (IoT) adalah konsep yang memungkinkan sesuatu mengirimkan data melalui jaringan tanpa interaksi manusia-ke-manusia atau orang-ke-komputer. IoT mencakup banyak alat, termasuk sensor, konektivitas, dan perangkat kecil yang mendukung dan meningkatkan akurasi, skalabilitas, dan fleksibilitas pengembangan IoT. Selama pandemi, IoT telah berkembang pesat sebagai solusi untuk pekerjaan jarak jauh di banyak sektor, termasuk layanan kesehatan, pertanian, dan energi. Jadi skill ini sangat ampuh ketika kalian mempelajarinya.

Kecerdasan Buatan (AI) memungkinkan mesin untuk belajar, beradaptasi dengan masukan baru, dan melakukan tugas-tugas yang mirip dengan manusia. Keterampilan ini banyak diminati karena membuka banyak peluang karir. Saat ini, tidak hanya ponsel pintar yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan, namun kecerdasan telah terintegrasi ke banyak industri. 

Di masa depan, pekerjaan internet atau robot yang dibantu AI akan membantu menggerakkan berbagai industri. Ilmu Data adalah seni khusus mempelajari data, terutama data kuantitatif atau numerik. Di era kemajuan teknologi, data menjadi hal yang sangat penting. Keterampilan yang berkaitan dengan ilmu data sangat diminati. Jika diolah dengan benar, jumlah data (big data) dapat memprediksi dampak permasalahan bisnis di masa depan dan dapat mematangkan rencana bisnis Anda. 

Berdasarkan data UI/UX Design Southeast Asia (SEA) Insights, sekitar 45% penjualan dilakukan secara online selama pandemi COVID-19. Hal ini membuka peluang bagi mereka yang ingin meningkatkan keterampilan teknisnya. Peran desainer UI/UX diperlukan untuk memastikan bahwa pengguna dan orang-orang dapat dengan mudah menggunakan aplikasi seluler, web, dan platform yang terhubung dengan baik yang terus berkembang. 

Pengembangan Aplikasi Seluler Pengembang aplikasi seluler kini banyak diminati oleh kalangan bisnis, terutama perusahaan rintisan dan pengembangan. Kriteria utama seorang developer profesional adalah kemampuan menciptakan layanan yang dapat diakses oleh ratusan hingga jutaan pengguna dalam waktu bersamaan.

Jadi tidak bisa dikatakan bahwa keterampilan ini mudah dan perlu ditingkatkan secara berkala.

Disadur dari: https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/24/160736471/ini-5-skill-teknologi-paling-dicari-saat-pandemi?page=all