Fantastis! Lukisan Abstrak 'Tetes' Karya Jackson Pollock Dilelang Mencapai Rp 645 Miliar

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

02 Agustus 2022, 20.52

hot.detik.com

Jakarta - Nama Jackson Pollock populer sebagai salah satu maestro lukisan abstrak yang sudah mendunia. Karya-karyanya yang ikonik kerap diburu kolektor seni ke berbagai tempat.

Balai lelang Christie's mengumumkan lukisan abstrak Jackson Pollock yang menampilkan gaya tetes khas sang pelukis yang berasal dari pascaperang akan dilelang pada Mei 2022.

Lukisan yang dilelang dengan Lot nomor 31 itu berasal dari tahun 1949. Pada 12 Mei, mahakarya Pollock akan menjadi hit selama lelang yang didedikasikan untuk karya seni dari abad ke 20.

Jackson Pollock menuntaskan lukisan yang berukuran 31x22 inci pada 1949. Sepanjang kariernya, ia membuat beberapa seri lukisan tetes.
Karya-karya itu membawa namanya menjadi maestro ekspresionisme abstrak. Apalagi lukisannya selalu berada dalam harga lelang tertinggi hingga sekarang ini.
Lot lelang yang sekarang dimasukkan dalam retrospektif yang didedikasikan untuk Pollock pada tahun 1967. Serta pada tahun 1998 keduanya di Museum of Modern Art di New York.
Karya terakhir Pollock sekaliber ini untuk dijual di pelelangan ialah Nomor 17 (1951), suatu lukisan abstrak berwarna hitam yang dilukis di atas kanvas cokelat yang asalnya dari koleksi kebanggaan raja real estate Harry Macklowe dan mantan istrinya, Linda. Lukisan ini memicu perdebatan sengit di sidang perceraian. Karya ini mengambil rekor baru untuk artis di $ 61,2 juta dalam penampilan pertamanya di lelang.

 


Disadur dari sumber hot.detik.com