Empat Panduan dalam Memilih Keramik untuk Lantai Teras Rumah

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

09 Maret 2024, 09.45

Ilustrasi Teras Rumah (Unsplash/Collov Home Design)

 

Memilih keramik untuk teras rumah seringkali menimbulkan kebingungan bagi banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses ini. Tujuannya adalah agar pilihan keramik yang Anda buat sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik teras rumah Anda. Berdasarkan sumber yang dikutip dari akun Instagram @mitraruma_official pada Selasa, 15 Februari 2022,

Memerhatikan Pemilihan Warna dan Motif

Penting untuk menetapkan bentuk dan konsep teras rumah Anda sebelum memilih keramik. Jika Anda menginginkan teras yang memiliki kesan glamor dan ceria, Anda bisa memilih keramik dengan motif yang beragam dan penuh warna. Pastikan juga motif yang Anda pilih selaras dengan tema keseluruhan ruangan agar tidak terjadi ketidakcocokan.

Gunakan Ukuran yang Tepat

Salah satu tips penting dalam memilih keramik teras adalah memperhatikan ukurannya dengan cermat. Jika teras Anda luas, disarankan untuk menggunakan keramik berukuran besar untuk menciptakan kesan yang lapang. Sebaliknya, jika teras Anda memiliki ruang yang terbatas, lebih baik memilih keramik berukuran kecil agar proporsinya sesuai. Hal ini karena ukuran keramik memiliki dampak signifikan dalam menciptakan persepsi ruang yang luas di dalam rumah, yang pada gilirannya memberikan kenyamanan saat digunakan.

Mempertimbangkan Tekstur Keramik

Salah satu hal yang harus diperhatikan secara teliti saat memilih keramik adalah memastikan kesesuaian antara lokasi pemasangan dengan tekstur keramik yang dipilih. Sebagai contoh, disarankan untuk memilih keramik dengan tekstur yang tidak licin atau matte untuk menghindari risiko terpeleset saat berjalan di atasnya. Tujuannya adalah untuk menjaga keselamatan pengguna teras rumah agar tidak mudah terpeleset.

Memerhatikan Material Keramik

Beberapa material umum digunakan untuk membuat keramik teras rumah, termasuk keramik glazur, porselen, granit, dan soapstone. Salah satu tips terpenting dalam memilih keramik adalah memprioritaskan perhatian pada kualitas, berat, dan kekuatan keramik tersebut agar dapat menghindari kesalahan dalam pemilihan.


Disadur dari: https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/15/124800976/4-tips-memilih-keramik-lantai-teras-rumah?page=all#page2