Economic Order Quantity (EOQ): Konsep dan Pengaruh dalam Perencanaan Inventori

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

08 Maret 2024, 09.04

www.investopedia.com

Economic order quantity (EOQ)

Kuantitas pesanan ekonomis (EOQ), atau kuantitas pembelian ekonomis, merupakan konsep penting dalam perencanaan inventaris yang menentukan berapa banyak barang yang harus dipesan untuk meminimalkan biaya inventaris dan pemesanan. Pertama kali dirancang oleh Ford W. Harris pada tahun 1913, model ini menjadi model produksi, kemudian oleh R. H. Wilson dan K. Andler.

Jumlah Pesanan Ekonomi (EOQ) menunjukkan jumlah unit optimal yang harus dipesan untuk meminimalkan biaya penyimpanan dan pemesanan. Konsep ini penting dalam perencanaan persediaan karena memungkinkan perusahaan mengelola persediaannya secara efisien. EOQ mengacu pada situasi di mana permintaan suatu produk stabil selama setahun, dan setiap pesanan baru diterima secara penuh ketika mencapai nol. Oleh karena itu, model EOQ membantu perusahaan menentukan jumlah pesanan yang optimal dan memandu upaya mereka untuk menyeimbangkan ketersediaan produk dan efisiensi biaya operasional.

Model EOQ memberikan landasan yang kuat untuk mengoptimalkan proses pembelian, terutama dalam situasi di mana biaya dan biaya permintaan menjadi perhatian utama. EOQ menggabungkan faktor-faktor seperti waktu tunggu, biaya penyimpanan, dan biaya pemesanan untuk memberikan pandangan holistik tentang bagaimana perusahaan dapat mengelola inventaris. Penting untuk dicatat bahwa EOQ mengacu pada pesanan yang terkait dengan item inventaris tertentu dan menambahkan dimensi signifikan pada implementasi.

Ketika perusahaan menerapkan model EOQ, mereka dapat membatasi jumlah barang, yang meningkatkan biaya transportasi, dan mengurangi frekuensi pemesanan, yang meningkatkan biaya pemesanan. Oleh karena itu, EOQ tidak hanya memberikan pedoman yang berguna dalam pengelolaan persediaan, tetapi juga berperan penting dalam rencana strategis perusahaan untuk memastikan efisiensi dan efektivitas.

Beberapa faktor mempengaruhi EOQ, termasuk Lead Time, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menerima barang setelah pesanan diterima; Holding Cost, biaya penyimpanan barang per unit yang dikalikan dengan tingkat bunga; dan Ordering Cost, biaya yang dikeluarkan setiap kali pesanan dibuat, tidak bergantung pada jumlah unit yang dipesan. Rumus EOQ yang digunakan adalah EOQ = √(2DS/H).

EOQ bukan sekedar ide, namun juga mempunyai implikasi terhadap strategi perusahaan, perilaku konsumen dan perubahan ekonomi. Fokus pelanggan pada harga dan kuantitas yang diminta juga mempengaruhi EOQ dan strategi perusahaan. Penawaran dalam ekonomi mikro, dipengaruhi oleh biaya produksi, teknologi, dan perubahan demografi, juga mengatur keseimbangan penawaran dan permintaan. Oleh karena itu, EOQ tidak hanya merupakan alat perencanaan inventaris, tetapi juga merupakan konsep terintegrasi yang menciptakan interaksi kompleks antara inventaris, permintaan, dan penawaran dalam lingkungan ekonomi yang dinamis.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Economic_order_quantity