Deretan Gedung Juara di World Architecture Festival

Dipublikasikan oleh Azka Muhammad Irfan

02 Maret 2022, 13.46

Sumber: (3xn)

Setelah melalui proses penjurian yang intens selama berminggu-minggu, para juri telah memilih gedung pemenang kategori World Architecture Festival 2021. Seperti dikutip dari Arch Vibe, sejumlah firma arsitektur global terkemuka berhasil membuat gedung rancangan mereka meraih penghargaan di berbagai kategori. Kategori ' Health-Completed Buildings' dimenangkan oleh Link Arkitektur dan 3XN yang bekerja sama dengan Nickl & Partner dan Kristine Jensens Tegnestue.

Kemenangan tersebut diraih untuk rancangan mereka, North Wing of the Rigshospitalet di Denmark.  Para Juri berkomentar bahwa proyek ini telah dikerjakan secara cermat dan mempertimbangkan situasi kerja harian staf di seluruh lingkungan rumah sakit. Sementara itu, bangunan dengan desain terbaik dalam kategori 'Higher Education and Research-Completed Buildings’ dimenangkan oleh firma arsitek RTA + Irving Smith untuk Scion Innovation Hub di Selandia Baru.

Scion Innovation Hub merupakan lembaga riset tekonologi di Selandia baru dan dibangun oleh arsitek RTA + Irving Smith.

Scion Innovation Hub merupakan lembaga riset tekonologi di Selandia baru dan dibangun oleh arsitek RTA + Irving Smith.(Indesign Live)

Scion Innovation Hub merupakan lembaga riset yang mengkhususkan diri dalam pengembangan teknologi untuk industri kehutanan. Para juri mengatakan kunci kemanangan proyek ini karena kesederhanaan dalam desain, penggunaan bahan yang minimum serta kemampuan untuk dibongkar dan dipasang kembali.

Pemenang kategori 'Mixed-Use Completed Buildings' jatuh kepada The Post Building di London. Bangunan ini dirancang oleh firma arsitek Inggris, Allford Hall Monaghan Morris.

The Post Building di London, dirancang oleh firma arsitek Allford Hall Monaghan Morris.

The Post Building di London, dirancang oleh firma arsitek Allford Hall Monaghan Morris. (Post Building)

Para juri memuji kelihaian para arsitek yang berani menggunakan struktur industrial di pusat kota dan mengintegrasikannya dengan perumahan sosial untuk keluarga dan pekerja. Selanjutnya Atelier tao+c menang dalam kategori “New & Old Completed Building' untuk Hotel Kapsul dan toko buku di desa Qinglongwu, China.

Hotel Kapsul dan toko buku di desa Qinglongwu, China. Bangunan ini didesain oleh Atelier tao+c .

Hotel Kapsul dan toko buku di desa Qinglongwu, China. Bangunan ini didesain oleh Atelier tao+c .(Archdaily)

Gedung ini digambarkan oleh para juri sebagai bangunan dengan detail indah dan berhasil mempertahankan semangat pertanian keluarga dengan tampilan yang sama sekali baru. Dalam pembuatan gedung ini, para arsitek menggunakan dinding rammed earth sebagai wadah untuk menyisipkan perpustakaan, dijalin melalui dua tumpukan kamar asrama berbentuk kapsul.

Seperti dikutip dari Arch Vibe, sejumlah firma arsitektur global terkemuka berhasil membuat gedung rancangan mereka meraih penghargaan di berbagai kategori. Firma arsitek yang berbasid di London, Inggris, Grimshaw Architects berhasil memenangkan kategori “Office-Completed Building”, untuk gedung rencangannya Olderfleet.

Olderfleet merupakan salah satu bangunan komersial di Melbourne, Australia. Juri memuji keseimbangan dan konektivitas antara bangunan yang lama dan baru. Sementara itu, firma arsitek ternama lainnya yakni BIG berhasil memenangkan kategori ' ‘Production, Energy & Recycling-Completed Buildings” untuk rancangannya Coppenhill/ Amager Bakke di Denmark.

Coppenhiil, merupakan pabrik pembangkit listrik di Denmark dan dirancang oleh firma arsitektur, BIG.

Coppenhiil, merupakan pabrik pembangkit listrik di Denmark dan dirancang oleh firma arsitektur, BIG. (Bjarke Ingels Group)

Coppenhiil merupakan pabrik pembangkit listrik yang dilengkapi area hiburan di area rooftopnya. Mulai dari lereng ski, jalur pendakian, dan dinding panjat. Proyek Coppenhiil digambarkan oleh para juri sebagai 'landmark ikonik baru untuk kota Kopenhagen. Sementara itu, firma arsitek Jepang, Tezuka Architects berjaya dalam kategori 'Religion-Completed Buildings' usai menyelesaikan Niijima Chapel di Jepang.

Niijima Chapel di Jepang  yang dirancang oleh firma arsitektur, Tezuka Architects.

Niijima Chapel di Jepang yang dirancang oleh firma arsitektur, Tezuka Architects. (Tezuka Architects)

Para juri terkesan dengan kualitas puitis ruang dan memuji kesederhanaan dan kecanggihan desain  bangunan kuil secara struktural. Kategori berikutnya, “Shopping-Completed Buildings” berhasil dimenangkan oleh Shanghai Urban Architecture Design Co Ltd untuk rancangannya New Alley-Old Story.

New Alley - Old Story, yang dirancang oleh Shanghai Urban Architecture Design.

New Alley - Old Story, yang dirancang oleh Shanghai Urban Architecture Design. (Shanghai Urban Architecture Design)

Bangunan ini menampilkan respons desain perkotaan yang kuat dengan konteks dan karakter yang jelas meskipun dibangun di atas sejarah dan tradisi Nanchang lama. Selanjutnya, pemenang kategori 'Sport-Completed Buildings' adalah Cox Architecture dengan rancangannya Ken Rosewall Arena Redevelopment, Australia.

Ken Rosewall Arena Redevelopment yang berlokasi di Australia. Merupakan arena tenis yang dirancang oleh Cox Architecture.

Ken Rosewall Arena Redevelopment yang berlokasi di Australia. Merupakan arena tenis yang dirancang oleh Cox Architecture. ()

Proyek ini 'menciptakan tipologi baru dari arena tenis yang memiliki banyak ventilasi alami namun tetap tertutup sepenuhnya. Para juri menilai Ken Rosewall Arena memiliki intervensi minimal tetapi transformasional melalui rekayasa ringan dan pertimbangan keberlanjutan.

Moynihan Train Hall di New York yang dirancang oleh firma arsitektur Skidmore, Owings & Merrill

Moynihan Train Hall di New York yang dirancang oleh firma arsitektur Skidmore, Owings & Merrill () Yang terakhir, Skidmore, Owings & Merrill berhasil memenangkan kategori 'Transport-Completed Buildings' untuk bangunan rancangannya yakni Moynihan Train Hall di New York.

Artikel lainnya