Cara perusahaan teknologi Run System menerapkan ERP untuk multi industri

Dipublikasikan oleh Muhammad Farhan Fadhil

28 Maret 2022, 15.10

Ilustrasi : RunSystem

PT Global Sukses Solusi (RUN System) adalah perusahaan software as a service yang menyediakan solusi advanced Enterprise Resource Planning (ERP) untuk perusahaan dari berbagai bidang mulai dari manufaktur, perdagangan, hingga jasa.

Software ERP RUN System memungkinkan perusahaan mengontrol dan mengatur kegiatan operasional dengan cepat dan mudah. Teknologi ini bisa diaplikasikan di berbagai industri mulai dari manufaktur, perdagangan, hingga jasa.

Presiden Direktur RUN System, Sony Rachmadi Purnomo, mengatakan, sebagai perusahaan yang bergerak di sektor B2B dengan beragam bisnis sektor yang ada, pihaknya selalu memastikan terlebih dahulu nature business dari masing-masing sektor. Setelah itu, pihaknya menyesuaikan dengan proses dalam ERP RUN System yang cocok dengan kebutuhan perusahaan. 

"Sebagai contoh salah satu klien kami, Perhutani, memiliki kebijakan terkait aset biologis yang mungkin tidak ada di sektor lain selain kehutanan, sehingga kami perlu untuk menyesuaikan kembali kebutuhan dan solusinya berdasarkan kebijakan/nature masing-masing sektor," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (7/6).

Sony melanjutkan, RUN System memberikan kemudahan bagi para pengguna sistem ERP sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing pengguna, sehingga bentuk manfaat yang dirasakan oleh setiap pengguna akan berbeda. 

Menurutnya, solusi yang umumnya dibutuhkan para pengguna RUN System adalah digitalisasi proses bisnis, real time monitoring, dan pencatatan transaksi proses bisnis yang terintegrasi dari hulu ke hilir, yang ke depannya juga dapat dimanfaatkan untuk mendorong efisiensi dalam penyusunan bahan audit.

"Salah satu contoh manfaat yang dirasakan oleh pengguna kami adalah efisiensi kerja perusahaan dan mengurangi manhour yang terbuang. Satu di antara sekian pengguna kami yang selama 30 tahun selalu menyelesaikan tutup buku tahunan di atas jam 1 malam, berhasil menyelesaikan pembukuan tersebut di jam 8 malam setelah menggunakan solusi RUN System," terangnya.

Sejauh ini, Sony menuturkan, baru-baru ini ada sejumlah perusahaan BUMN yang menggunakan jasa Run System. Seperti Perum Perhutani yang memiliki hak pengelolaan hutan negara seluas 2,4 juta hektar dan memiliki 57 unit kerja yang tersebar di Pulau Jawa dan Madura sehingga membutuhkan sistem yang dapat mendigitalisasi proses bisnis sehingga dapat membuat bisnis proses lebih efisien, dapat dimonitoring langsung secara realtime sehingga proses evaluasi dan controlling dari manajemen dapat dilakukan secara efektif untuk pengambilan keputusan bisnis setiap saat. 

Ia menuturkan, dari sisi proses bisnis keuangan, masih banyak proses manual sehingga untuk rekonsiliasi data antar unit membutuhkan waktu karena beberapa proses dilakukan berulang dan tanpa sistem. 

"Dari sisi proses SDM, Perhutani belum mempunyai sistem end-to-end yang mendigitalisasi proses end-to-end SDM, di mana sebelumnya sudah ada beberapa aplikasi namun tidak terintegrasi sehingga secara controlling dan approval menjadi kendala bagi pihak manajemen," ucapnya.

Dengan jumlah satuan kerja yang banyak, RUN System memberikan solusi bagi Perhutani untuk dapat mengefisiensi dan mengintegrasikan bisnis proses dari hulu ke hilir dan di setiap unit kerja; Change management dan tersebarnya unit kerja merupakan tantangan terbesar untuk dapat mewujudkan. 

RUN System memberikan Solusi dengan Modul Financial dan cost control untuk Perhutani sehingga proses bisnis keuangan yang ada menjadi lebih efisien dengan digitalisasi end-to-end untuk laporan keuangan dan rekonsiliasi data menjadi single platform yang otomatis dan dapat dikontrol setiap proses. 

Solusi Modul Human Resource menjadi jawaban untuk kebutuhan Sistem SDM end-to-end yang terintegrasi secara satu sistem dan memberikan kemudahan bagi para karyawan dengan Fitur Employee Self Service untuk dapat melakukan kegiatan personalia secara web based seperti absensi, cuti dan lembur hingga melihat payslip karyawan.

"Implementasi RUN System di sektor pertanian diharapkan dapat memberikan efisiensi cost operasional dan Cost HCM sebesar 2% dari sebelum menggunakan RUN System," tuturnya.

Selain Perhutani, PT Waskita Karya Tbk dan PT Kawasan Industri Medan (Persero) juga menggunakan jasa Run System. Waskita misalnya menggunakan jasa Run System untuk membuat modul learning management system untuk vendor. 

Partnership and Strategic Portfolio Manager, RUN System, Badlin Isnan Bahrun, menambahkan ada banyak opsi dan cara bagi RUN System dalam memilih partner kerjasama dan kolaborasi, terutama untuk mengoptimalkan bisnis RUN System. 

Hal itu bisa melalui partisipasi aktif di program inkubator, event atau pameran-pameran bisnis terkait. Selain itu, juga dapat melalui relasi perusahaan, pimpinan, dan existing partner-partner yang sudah melakukan kerjasama dengan kami. 

"Setelah itu kami melakukan analisa dan koordinasi dengan departemen terkait untuk mendeskripsikan cost-benefitnya dengan mempertimbangkan 3 faktor utama yakni teknis, komersialisasi, dan potensi bisnisnya," terangnya.

Menurutnya, setelah dilakukan analisa, maka ditentukan dan diperlukan diskusi lanjutan untuk pembahasan hingga sampai tahap surat perjanjian kerjasama.

Lebih lanjut, Badlin menjabarkan bahwa pada kuartal ini pihaknya mengoptimalkan 3 jenis partner, yaitu Distribution Partner, Application Partner dan Implementation Partner. "Para partner kami mencakup beberapa sektor seperti kawasan-kawasan industri strategis di beberapa daerah di Indonesia, kemudian digital industri, lembaga keuangan hingga asuransi," tuturnya. 

Selain membutuhkan banyak pihak, pihaknya juga melakukan kolaborasi serta kerjasama untuk peningkatan proses bisnis RUN System. Melalui Distribution Partner kami, baik yang sudah ada maupun yang masih berlangsung, dalam hal ini untuk meningkatkan segmentasi dan ekspansi market RUN System.

Sumber Artikel: industri.kontan.co.id