Calon Mahasiswa, Ini Mata Kuliah Teknik Industri yang Dipelajari

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

15 Maret 2024, 15.24

Ilustrasi Industri 4.0 (SHUTTERSTOCK)

Teknik Industri

Siapa pun yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi harus mulai mempersiapkan diri sekarang. Apalagi ketika Anda memutuskan untuk mengambil jurusan kuliah. Pelajar SMA dan calon mahasiswa tidak dapat memilih jurusan kuliahnya. Namun, Anda harus mempersiapkannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan orang tersebut, namun jika Anda memutuskan untuk melakukannya, bersiaplah. Apalagi bagi mereka yang ingin berkarir di dunia usaha. Jadi, Anda perlu tahu seperti apa kursusnya.

Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), ini informasi mengenai mata kuliah di Jurusan Teknik Industri.

Menurut Institute of Industrial and Systems Engineers (IISE), teknik industri adalah ilmu merancang, memperbaiki, dan membuat sistem yang mengoptimalkan kinerja manusia, dan departemen teknik industri memiliki banyak penerapan bagi mahasiswa muda. Jadi, apa yang kamu pelajari di jurusan ini? Di bawah ini adalah daftar program Program Studi Teknik Industri. Pada dasarnya teknik industri merupakan ilmu sosial yang mempelajari seluruh aspek operasional industri. Selain dari aspek teknis, pengetahuan ini dapat membantu Anda di sisi manajemen.

Berikut ini rangkum jajaran mata kuliah (matkul) yang akan muncul ketika kamu masuk ke dunia Teknik Industri.

Mata kuliah Teknik Industri di semester awal

Pada tahap pertama mempelajari teknik industri, Anda akan menemukan berbagai mata pelajaran. Tutorial pertama adalah cara untuk memulai sebelum Anda membahas materi menarik di bagian berikut. Salah satu mata pelajaran yang akan dipelajari pada awal studi teknik industri adalah matematika. Mata kuliah ini penting dalam berbagai aspek kehidupan, terutama bagi mahasiswa teknik yang tertarik pada perhitungan detail. Matematika yang akan Anda pelajari di sini sangat sederhana, seperti perhitungan untuk menganalisis kebutuhan pabrik industri.

Di Departemen Teknik Industri perlu memahami berbagai aspek industri setelah lulus. Oleh karena itu, para siswa dikenalkan dengan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu yang menjadi dasar pembelajarannya.Selain matematika, mereka juga mendapat konsep-konsep fisika, kimia, dan teknologi informasi, serta program studi yang banyak dilihat. Teknik dan Ilmu Pengetahuan Alam Pemahaman dasar ini dapat membentuk pemikiran mahasiswa teknik industri sebelum berpindah ke tataran materi.

Mata kuliah Teknik Industri di semester akhir

Mahasiswa Teknik Industri menyelesaikan berbagai mata kuliah inti pada tahap awal dan kemudian ditugaskan ke berbagai mata kuliah lanjutan. Seperti disebutkan di atas, teknik industri adalah studi tentang berbagai material untuk dua bidang industri itu sendiri: teknik dan manajemen.

Di bidang teknik, kursus seperti elektronik industri ditawarkan. Kursus ini memungkinkan siswa untuk secara langsung menguji dan memahami berbagai perangkat elektronik yang digunakan dalam lingkungan industri dan mencakup berbagai topik mulai dari sistem basis data hingga analisis dan desain sistem informasi. . Mata kuliah ini menyajikan berbagai teknologi informasi yang umum digunakan di berbagai bidang industri.

Untuk menunjang hal ini, ada beberapa mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa bila memutuskan untuk masuk ke dalam Teknik Industri. Salah satunya yang akan dipelajari mengenai sisi manajemen industri tersebut adalah Analisis Biaya.

Disadur dari : kompas.com