Bus Raya Terpadu (BRT): Solusi Mobilitas Massal Cepat dan Efisien dalam Perkotaan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

01 April 2024, 10.08

Sumber: id.wikipedia.org

Bus Rapid Transit (BRT) merupakan sistem transportasi umum berbasis bus yang menyediakan layanan transportasi cepat, nyaman, dan terjangkau di kota-kota besar. BRT menggunakan jalur khusus dan memberikan pelayanan yang baik kepada penggunanya. Seharusnya memiliki karakteristik kinerja dan keandalan layanan sistem transportasi kereta api modern, namun dengan biaya lebih rendah.

Singkatan kata BRT di Indonesia lebih dikenal dengan julukan. "Bus terintegrasi" bukan "bus produksi". Selain itu, istilah BRT di Jakarta terkadang tertukar dengan Busway (juga dikenal sebagai Jalur BRT Khusus Jakarta).

Bus Rapid Transit adalah bagian dari nama BRT yang digunakan sebagai gambaran gerbong kereta bertenaga tinggi atau semacam itu . bekerja Ini disebut jalan yang benar. Kereta berkecepatan tinggi menggunakan terowongan bawah tanah, dan kereta ini sering kali menempuh perjalanan panjang di jalur pendek dalam hitungan menit. Sayangnya kecepatan bus ekspres tidak sebanding dengan kecepatan bus BRT. Dibandingkan dengan platform jalan raya, kecepatan perjalanan maksimum dalam sistem BRT adalah antara 19 dan 48 km/jam.

Saat ini, Transjakarta adalah jaringan BRT terbesar di dunia, dan panjang terowongan adalah 2.309 km, menghubungkan beberapa tempat Ini adalah ibu kota Indonesia.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com