Beragam Sistem dan Jenis Transportasi Darat

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

25 Maret 2024, 15.14

Sumber: id.wikipedia.org

Transportasi darat adalah pengangkutan atau perpindahan orang, hewan atau barang dari suatu tempat ke tempat lain melalui darat. Hal ini berbeda dengan metode transportasi besar lainnya seperti transportasi laut dan udara. Kedua jenis transportasi darat tersebut disebut transportasi kereta api dan transportasi jalan raya.

Sistem

Jenis transportasi darat sangat beragam mulai dari metode dasar pengangkutan barang orang dari satu tempat ke tempat lain melalui darat. dikembangkan Merupakan jaringan transportasi yang didasarkan pada jaringan transportasi canggih yang menggunakan berbagai macam kendaraan dan infrastruktur. Ketiga jenis tersebut adalah kendaraan bertenaga manusia, bertenaga hewan, dan bertenaga mesin.

Kendaraan bertenaga manusia

Kendaraan yang digerakkan oleh seseorang, sejenis kendaraan tetap, yang digunakan untuk mengangkut orang. untuk mengangkut orang dan/atau barang. Kekuatan otot berupa berjalan, berlari, berenang, dll. Teknologi baru memungkinkan mesin menambah tenaga manusia. Transportasi manusia tetap populer karena alasan penghematan biaya, hiburan, olahraga, dan lingkungan. Kadang-kadang hanya jenis ini yang tersedia, terutama di daerah terpencil atau sulit dijangkau.

Meskipun orang dapat melakukan perjalanan tanpa infrastruktur, jalan dapat digunakan untuk meningkatkan transportasi, terutama penggunaan kendaraan bagi orang-orang. , sepeda, sepatu roda, dll. Kendaraan manusia juga telah dirancang untuk lingkungan yang keras seperti salju dan air, menggunakan perahu dayung dan ski. Pesawat bertenaga manusia juga berperan di udara.

Transportasi hewan

Transportasi hewan melibatkan penggunaan hewan pekerja untuk memindahkan orang dan barang. Orang dapat menunggangi hewannya sendiri, yang dapat digunakan untuk mengangkut barang, menembakkan panah atau kereta sendirian atau berkelompok.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com