Arsitektur rumah Adat Kalimantan Timur yang Disebut Lamin dapat Menampung Hingga 30 Orang dalam Satu Hunian

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

07 Maret 2024, 10.20

Rumah Lamin (Kemenkdikbud)

Rumah Lamin, juga dikenal sebagai rumah panjang, merupakan rumah adat yang berasal dari Suku Dayak di Kalimantan Timur. Arsitektur rumah Lamin sangat dipengaruhi oleh faktor geografis dan iklim Kalimantan Timur yang panas dan lembap, serta struktur tanah gambut dengan banyak kandungan mineral. Rumah Lamin berfungsi tidak hanya sebagai tempat tinggal tetapi juga sebagai pusat kegiatan masyarakat Suku Dayak.

Rumah Lamin memiliki dimensi yang besar, biasanya antara 100-200 meter panjang, 15-25 meter lebar, dan 3 meter tinggi dari permukaan tanah, mampu menampung 12 hingga 30 anggota keluarga. Namun, ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti contohnya Lamin Adat Pemung Tawai yang lebih kecil. Struktur rumah Lamin berbentuk kotak memanjang dengan struktur layang atau panggung untuk menghindari kelembapan tanah dan serangan binatang buas.

Bahan utama pembangunan rumah Lamin adalah kayu ulin yang kuat, dengan sebagian kecil menggunakan kayu meranti, kapur, dan bengkirai. Motif ukiran yang umum pada rumah Lamin adalah ornamen lengkung yang khas dan dinamis. Atap rumah Lamin terbuat dari kepang atau sirap kayu ulin, disusun dengan teliti untuk melindungi dari panas matahari, dengan bagian puncak atap disebut berlubung umaq, yang dihiasi dengan ukiran kayu.

Di dalam rumah Lamin, terdapat tiang besar bernama sukaq yang berfungsi sebagai fondasi bangunan, terbuat dari kayu ulin dengan diameter 0,5 sampai 1 meter. Terdapat juga tangga yang disebut can, serta lantai asoq dari kayu ulin dan meranti dengan ukiran motif. Rumah Lamin juga dilengkapi dengan usei atau serambi luar untuk berbagai kegiatan, dan memiliki beberapa kamar seperti tilong keloma lata untuk orang tua, tilong demanai untuk laki-laki, tilong dekiit untuk perempuan, dan sebuah dapur bernama atang yang digunakan bersama oleh penghuni rumah.

Sukaq rumah Lamin
Sukaq Rumah Lamin (Kemendikbud)
 


DIsadur dari: https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/01/153000421/arsitektur-lamin-rumah-adat-kalimantan-timur-yang-bisa-dihuni-hingga-30?page=all#page2