Apa yang Dimaksud Lintang dalam Geografi?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

10 Maret 2024, 03.14

Gratikula bumi - Wikipedia

Dalam dunia geografi, lintang adalah semacam koordinat magis yang mengindikasikan posisi utara-selatan suatu tempat di Bumi atau benda langit lainnya. Konsep lintang ini diukur sebagai sudut yang berjalan mulai dari −90° di kutub selatan hingga 90° di kutub utara, dengan pusat dunia, Khatulistiwa, memegang nilai 0°. Seperti garis-garis ajaib, garis lintang ini berlari dari timur ke barat sebagai sirkuit-sirkuit yang sejajar dengan Khatulistiwa. Dan, sihirnya terjadi ketika lintang ini bergabung dengan bujur, membentuk sepasang koordinat yang menentukan lokasi di permukaan Bumi.

Ketika berdiri sendiri, istilah "lintang" biasanya merujuk pada lintang geodetik yang didefinisikan dengan rumus matematika yang sangat keren. Jadi, lintang geodetik suatu tempat adalah sudut antara vektor yang tegak lurus ke permukaan elipsoid (sebuah bentuk bola sedikit pipih) dari titik tersebut, dan bidang datar khatulistiwa.

Sebagai latar belakang, mari masuki dunia abstraksi dan matematika sejenak. Pertama, kita akan menggambarkan permukaan fisik dengan sesuatu yang disebut geoid, seperti tiruan lautan yang mencerminkan rata-rata permukaan laut di seluruh samudera dan bawah daratan. Langkah berikutnya lebih seru: kita mendekati geoid ini dengan permukaan referensi matematis yang lebih sederhana. Bola adalah pilihan awal yang simpel, tetapi sebenarnya geoid lebih mirip elipsoid revolusi. Lintang dan bujur di permukaan referensi ini membentuk sebuah jaring bersama, mirip jaring-jaring ajaib yang menciptakan sistem koordinat geografis. Lintang suatu tempat di permukaan nyata adalah lintang titik yang sesuai di permukaan referensi ini, dan semuanya berhubungan dengan garis normal ke permukaan referensi yang melalui titik di permukaan fisik.

Dan inilah di mana keajaiban lintang dan bujur bermain. Mereka bekerja sama dengan spesifikasi tinggi untuk menciptakan sistem koordinat geografis, seperti yang diatur oleh standar ISO 19111. Tetapi, karena ada banyak elipsoid referensi dengan bentuk yang berbeda, lintang tepat suatu fitur di permukaan menjadi tidak unik. ISO standar menekankan bahwa tanpa spesifikasi penuh dari sistem koordinat referensi, koordinat lintang dan bujur menjadi ambigu atau bahkan tak bermakna.

Dalam teks berbahasa Inggris, sudut lintang ini sering diwakili oleh huruf kecil Yunani phi (ϕ atau φ). Sebuah deretan angka dan simbol matematika yang menyimpan rahasia posisi suatu tempat, utara atau selatan khatulistiwa. Misalnya, mercusuar The Needles berada pada 50°39.734' N 001°35.500' B. Ini adalah bahasa koordinat, sepotong misteri yang mengungkapkan letak suatu tempat dalam cara yang hanya bisa dipahami oleh mereka yang memahami sihir matematika.

Disadur dari https://en.wikipedia.org/wiki/Latitude