Apa yang dimaksud dengan Kopra?

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

16 Februari 2024, 13.05

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Kerala_coconut.jpg

Kopra adalah daging kelapa yang dikeringkan. Tembaga merupakan produk turunan kelapa yang sangat penting, karena merupakan bahan baku produksi minyak kelapa dan turunannya. Untuk membuat Kopra yang baik, Anda memerlukan kelapa yang berumur sekitar 300 hari dan berat sekitar 3-4 kg. Setelah dilakukan ekstraksi minyak kopra, masih terdapat sisa hasil samping yang banyak mengandung protein (18-25%), namun banyak mengandung serat sehingga tidak dapat dikonsumsi manusia. Produk sampingan ini biasanya diumpankan ke ternak.Teknik pengolahan kopra ada empat macam, yaitu pengeringan, penjemuran atau pengeringan asap, dan pemanasan tidak langsung.

Kopra yang baik sebaiknya hanya memiliki kadar air 6-7% sehingga tidak mudah diakses oleh organisme pengganggu. Kerusakan yang ditimbulkan berang-berang biasanya disebabkan oleh serangan bakteri dan jamur. Serangan ini mudah terjadi bila kadar air Kopra tinggi, kelembapan mencapai 80% atau lebih, dan suhu udara mencapai 30°C. Jamur yang sering menyerang berang-berang adalah Rhizopus sp, Aspergillus niger dan Penicillium glaucum. Terdapat 4 jenis berang-berang, salah satunya adalah berang-berang premium dan berang-berang campuran.

Produksi

Tradisionalnya, minyak kelapa diekstrak dari kopra dengan cara diparut, digiling, lalu direbus dalam air. Praktik ini umumnya dilakukan di pulau-pulau Samudra Pasifik dan menjadi produk berharga di Asia Selatan dan Laut Selatan pada tahun 1860-an. Saat ini, proses ekstraksi minyak kelapa melibatkan penumbukan kopra untuk mendapatkan minyaknya (sekitar 70%) dan sisa produk yang disebut copra meal (sekitar 30%). Setelah minyak diekstrak, sisa kelapa mengandung sekitar 18-25% protein dan serat pangan yang tidak dapat dikonsumsi manusia dalam jumlah besar. Copra meal sering digunakan sebagai pakan untuk hewan ternak.

Produksi kopra melibatkan memecahkan cangkang kelapa dan mengeringkannya. Ini biasanya dilakukan ketika pohon kelapa sudah cukup besar. Proses pengeringan dapat dilakukan dengan sinar matahari, asap, atau dengan menggunakan tempat khusus pembakaran. Pengeringan di bawah sinar matahari membutuhkan ruang yang luas dan sinar matahari yang cukup. Biasanya, kelapa dipotong menjadi dua bagian, direndam, dan dagingnya dihadapkan ke arah matahari. Setelah dua hari, daging kelapa dapat dipisahkan dari kulitnya dan proses pengeringan dapat memakan waktu tiga hingga lima hari.

Pakan hewan

Produk sampingannya (tepung berang-berang) dapat digunakan sebagai pakan kuda dan hewan peliharaan lainnya. Kandungan minyak dan protein yang tinggi dapat membuat ternak menjadi gemuk. Protein pada berang-berang yang dipanaskan berkualitas tinggi dan baik untuk domba dan rusa karena tidak terurai di dalam rumen.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Kopra