Apa yang dimaksud dengan Gas minyak bumi cair

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

26 Februari 2024, 10.10

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Omera_Storage_Sphere.jpg

Liquefied Petroleum Gas (LPG), juga dikenal sebagai gas minyak bumi cair, terdiri dari campuran gas hidrokarbon yang mudah terbakar seperti propana, n-butana, dan isobutana, dengan kemungkinan adanya jejak propilena, butilena, dan isobutena. LPG berfungsi sebagai bahan bakar serbaguna untuk pemanas, memasak, dan kendaraan, dan semakin banyak digunakan sebagai propelan aerosol dan pendingin untuk mengurangi kerusakan lapisan ozon. Variasi LPG meliputi komposisi dominan propana, dominan butana, dan campuran, dengan penyesuaian musiman berdasarkan preferensi suhu.

Produksi LPG melibatkan penyulingan minyak bumi atau gas alam, yang dimulai sejak tahun 1910. LPG menyumbang sekitar 3% dari konsumsi energi global, terbakar secara bersih dengan emisi sulfur yang minimal. Nilai kalori LPG sekitar 46,1 MJ/kg, dan meskipun kepadatan energinya per unit volume lebih rendah daripada bensin atau bahan bakar minyak, LPG tetap merupakan pembawa energi yang berharga. Selain itu, LPG menjanjikan sebagai bahan baku untuk sintesis kimia dalam industri seperti produksi olefin. Disimpan dalam bejana baja bertekanan, tekanan dan kepadatan uap LPG bervariasi dengan komposisi, suhu, dan tekanan, sehingga menimbulkan bahaya ledakan dan sesak napas jika salah penanganan.

Penggunaan 

LPG, atau gas petroleum cair, digunakan luas di berbagai sektor termasuk pertanian, rekreasi, perhotelan, industri, konstruksi, pelayaran, dan perikanan karena efisiensinya. Ini merupakan bahan bakar yang hemat biaya untuk memasak, pemanasan ruangan, pemanasan air, dan menyediakan energi bagi rumah-rumah di luar jaringan listrik. Di India, LPG digunakan luas untuk memasak di rumah tangga dan disubsidi oleh pemerintah. Selain itu, LPG juga digunakan untuk pemanasan di daerah pedesaan di Eropa dan negara-negara lain yang tidak memiliki akses langsung ke gas alam.

LPG juga digunakan dalam pembangkitan listrik melalui teknologi kombinasi panas dan listrik. Selain itu, LPG digunakan sebagai bahan bakar kendaraan dalam mesin pembakaran internal. Pemerintah sering memberikan pajak lebih rendah untuk LPG. LPG juga dapat diubah menjadi alkilat untuk campuran bensin premium, dan berfungsi sebagai pendingin di kulkas absorpsi gas. Selain itu, LPG digunakan sebagai propelan dalam semprotan aerosol. Keseluruhan, LPG memiliki berbagai aplikasi yang berharga di berbagai industri.

Perbandingan dengan gas alam

LPG, yang sebagian besar terdiri dari propana dan butana, berbeda dengan gas alam, yang sebagian besar terdiri dari metana dan etana. Meskipun LPG memiliki nilai kalor yang lebih tinggi dibandingkan gas alam ketika diuapkan pada tekanan atmosfer, keduanya tidak dapat saling menggantikan secara langsung. Namun, untuk mencapai karakteristik pembakaran yang serupa, LPG dapat dicampur dengan udara untuk menghasilkan gas alam sintetis (SNG), biasanya dengan rasio pencampuran sekitar 60/40 LPG terhadap udara. Kompatibilitas campuran gas yang berbeda ditentukan dengan menghitung indeks Wobbe, dengan gas yang memiliki indeks yang sama dianggap dapat dipertukarkan.

SNG yang berasal dari LPG digunakan dalam sistem cadangan untuk berbagai fasilitas publik, industri, dan militer, dan utilitas sering kali menggunakan pabrik pencukur puncak LPG selama periode permintaan tinggi untuk menambah pasokan gas alam. Selain itu, instalasi LPG-SNG diterapkan pada saat peluncuran sistem gas awal, terutama di pasar berkembang seperti India dan Tiongkok, di mana mereka membantu membangun basis pelanggan sebelum terhubung ke jaringan gas alam yang ada.

Dalam perencanaan perkotaan, menggabungkan SNG berbasis LPG atau sistem gas alam lokal dengan jaringan penyimpanan dan perpipaan dapat secara efektif melayani kelompok konsumen domestik, menghilangkan kebutuhan transportasi tabung LPG jarak jauh, yang menimbulkan tantangan lalu lintas dan keselamatan di perkotaan. Jaringan gas alam lokal serupa telah berhasil diterapkan di Jepang, dengan potensi memperluas konektivitas ke wilayah pedesaan dan perkotaan.


Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Liquefied_petroleum_gas