Apa itu Suspensi dan Kandungannya?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

09 Maret 2024, 01.26

47 / 5,000 Translation results Translation result Suspensi tepung dicampur dalam segelas air - Wikipedia

Dalam bidang kimia, suspensi adalah campuran fluida heterogen yang terdiri dari partikel padat yang cukup besar untuk sedimentasi. Partikel-partikel tersebut, yang dapat dilihat oleh mata telanjang dan biasanya lebih besar dari satu mikrometer, akan mengendap pada akhirnya. Namun, campuran tersebut hanya dianggap sebagai suspensi selama partikel-partikel tersebut belum mengendap.

Suspensi adalah campuran heterogen yang partikel padatnya tidak larut tetapi tersuspensi di sebagian besar pelarut dan dibiarkan mengambang bebas di dalam medium. Menggunakan bahan tambahan atau zat pensuspensi tertentu, fase internal (padat) didistribusikan ke seluruh fase eksternal (cairan) melalui pengadukan mekanis.

Contoh suspensi adalah pasir dalam air. Jika tidak diganggu, partikel tersuspensi akan mengendap seiring waktu, seperti yang dapat dilihat di bawah mikroskop. Ini membedakan suspensi dari koloid, yang memiliki partikel yang lebih kecil dan tidak mengendap. Koloid dan suspensi berbeda dari larutan karena zat terlarut tidak berbentuk padatan dan pelarut dan zat terlarut tercampur secara homogen. Partikel tersuspensi di atmosfer disebut partikulat, dan terdiri dari tetesan awan, garam laut, sulfat biogenik dan vulkanogenik, nitrat, dan debu halus dan jelaga. Aerosol adalah suspensi tetesan cairan atau partikel padat halus dalam gas.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Suspension_(chemistry)