Apa itu Pemetaan Web?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

10 Maret 2024, 11.27

Aplikasi peta web di ponsel pintar - Wikipedia

Pemetaan web, juga disebut pemetaan online, adalah proses penggunaan, pembuatan, dan pendistribusian peta di World Wide Web (Web), biasanya melalui penggunaan sistem informasi geografis Web (GIS). Pemetaan web lebih dari sekadar kartografi web; ini adalah layanan di mana pelanggan dapat memilih peta mana yang akan ditampilkan.

Saat ini, pemetaan web hanya dilakukan oleh beberapa perusahaan, lembaga, dan lembaga pemetaan. Ini membuatnya memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak yang mahal dan rumit, serta kartografer dan insinyur geomatika yang terampil.

Banyak kumpulan data geografis telah dihasilkan oleh pemetaan web. Ini termasuk kumpulan data milik HERE, Huawei, Google, Tencent, TomTom, dan OpenStreetMap yang gratis. Selain itu, berbagai perangkat lunak gratis untuk menghasilkan peta telah dikembangkan dan digunakan bersama dengan alat berpemilik seperti ArcGIS. Dengan demikian, tantangan untuk menampilkan peta di web telah diatasi.

Istilah web GIS dan pemetaan web sering digunakan secara bergantian, namun istilahnya berbeda. Web GIS menggunakan dan mengaktifkan peta web, dan pengguna akhir yang melakukan pemetaan web memperoleh kemampuan analitis dari Web GIS, namun Web GIS memiliki lebih banyak aplikasi daripada pemetaan web, dan pemetaan web dapat dilakukan tanpa Web GIS. Web GIS menekankan aspek pemrosesan geodata yang lebih terlibat dengan aspek desain seperti akuisisi data dan arsitektur perangkat lunak server seperti penyimpanan data dan algoritme, dibandingkan dengan laporan pengguna akhir itu sendiri. Istilah layanan berbasis lokasi mengacu pada pemetaan web barang dan jasa konsumen. Pemetaan web biasanya melibatkan browser web atau agen pengguna lain yang mampu melakukan interaksi klien-server. Pertanyaan mengenai kualitas, kegunaan, manfaat sosial, dan kendala hukum mendorong evolusinya.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Web_mapping