Apa itu Emulsi?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

09 Maret 2024, 02.08

Ilustrasi emulsi - Wikipedia

Emulsi adalah jenis koloid dengan fase terdispersi zat cair. Emulsi dapat dibagi menjadi emulsi gas, emulsi cair, dan emulsi padat tergantung pada medium pendispersinya.

Emulsi gas terjadi di dalam medium pendispersi gas. Aerosol cair, seperti hairspray dan baygon, dapat membentuk sistem koloid dengan bantuan bahan pendorong seperti CFC. Mereka juga memiliki sifat liofob, seperti efek Tyndall dan gerak Brown.

Emulsi cair terjadi di dalam medium pendispersi cair dan terdiri dari campuran dua zat cair polar dan non-polar yang tidak dapat saling melarutkan jika dicampur. Salah satu cairan biasanya adalah air atau zat lain seperti minyak. Sebagai ilustrasi, susu.

Dua sifat utama emulsi cair adalah demulsifikasi dan pengenceran.

  • Demulsifikasi
    Pemanasan, pendinginan, sentrifugasi, penambahan elektrolit, dan perusakan zat pengelmusi dapat mengganggu stabilitas emulsi cair.
  • Pengenceran
    Dengan menambah jumlah medium pendispersinya, emulsi dapat diencerkan.

Emulsi padat, juga disebut gel, adalah koloid dengan zat fase cair terdispersi dalam zat fase padat, yang berarti zat fase cair dan medium fase padat terdispersi. Pertimbangkan hal-hal seperti mentega, keju, jeli, dan mutiara.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Emulsi