Alasan Minimnya Pilihan Jurusan Teknik Elektro Meskipun Menawarkan Prospek Karier yang Besar

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

25 Maret 2024, 09.43

Sumber: www.freepik.com

Jurusan Teknik Elektro sering tidak menjadi pilihan utama calon mahasiswa pada saat memilih perguruan tinggi. Padahal, lulusan jurusan ini masih sangat diminati oleh perusahaan. Teknik Elektro adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini mencakup konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik. Selain itu, mahasiswa Teknik Elektro juga mempelajari metode pembangkitan listrik dari sumber energi baru, penyimpanan energi, dan penghematan energi.

Kebutuhan akan tenaga ahli Teknik Elektro di dunia kerja masih tinggi. Mereka dibutuhkan di berbagai industri seperti telekomunikasi, minyak dan gas, manufaktur, otomotif, dan lain-lain. Lulusan Teknik Elektro banyak dibutuhkan untuk menangani masalah listrik dan sistem elektronik, termasuk dalam membangun sistem distribusi tenaga listrik. Selain menjadi pekerja, mereka juga dapat menjadi peneliti di laboratorium, menjalankan serangkaian tes terhadap desain baru, termasuk dalam industri minyak dan gas yang membutuhkan tenaga kerja terampil.

Gaji yang tinggi dan peluang kerja yang luas adalah daya tarik utama dari Jurusan Teknik Elektro. Lulusan dapat meniti karier sebagai robot engineer, pencipta alat-alat Internet of Things (IoT), teknisi listrik, peneliti, dan berbagai profesi lainnya. Mata kuliah yang dipelajari selama kuliah mencakup aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnetik, dengan fokus pada bidang seperti tenaga listrik, elektronika, dan telekomunikasi. Mahasiswa juga dapat memilih konsentrasi dalam bidang tertentu seperti sistem kendali dan instrumentasi.

Universitas BSI menyediakan program studi Teknik Elektro untuk mereka yang tertarik melanjutkan pendidikan di bidang ini. Mata kuliah yang diajarkan termasuk Rangkaian Listrik, Medan Elektromagnetik, Mikroprosesor, dan lain-lain. Mahasiswa juga dapat memilih bidang kajian yang lebih spesifik saat melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana.


Disadur dari: kompas.com