Aeronautika: Ilmu Pengoperasian Pesawat Terbang dan Roket

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

03 April 2024, 09.28

Sumber: en.wikipedia.org

Aeronautika

Aeronautika adalah ilmu yang mempelajari tentang pesawat terbang dan teknologi terkait di udara. Ini mencakup pengembangan, desain, dan pembuatan pesawat terbang serta teknik pengoperasiannya. Meskipun secara harfiah berarti "berlayar di udara", aeronautika sekarang meluas hingga mencakup aspek-aspek seperti teknologi, bisnis, dan lainnya yang terkait dengan pesawat terbang.

Aerodinamika, cabang fisika yang mempelajari gerakan udara dan interaksi udara dengan benda-benda bergerak seperti pesawat terbang, juga merupakan bagian penting dari aeronautika. Meskipun sering disamakan, aeronautika melibatkan pesawat yang lebih ringan dari udara seperti kapal udara, serta mencakup kendaraan balistik yang tidak termasuk dalam lingkup "aviasi".

Aeronautika dan Astronautika

Aeronautika dan Astronautika adalah bidang ilmu yang mempelajari segala hal terkait dengan eksplorasi manusia di atmosfer dan luar angkasa. Di Indonesia, bidang ini dikenal dengan teknik penerbangan. Namun secara global, istilah yang lebih umum adalah aeronautika dan astronautika, atau teknik dirgantara. Meski istilah teknik penerbangan masih umum digunakan di Indonesia karena sejarahnya.

Banyak yang mengira lulusan dari bidang ini akan menjadi pilot atau astronaut. Meskipun tidak sepenuhnya salah, kenyataannya ilmu yang dipelajari jauh lebih luas daripada itu.

Aplikasi dari aeronautika dan astronautika sangat luas. Selain pada pesawat dan wahana antariksa, bidang ini juga digunakan dalam pembangunan bangunan tinggi, kereta cepat, mobil cepat, struktur bangunan, sistem telekomunikasi, dan banyak lagi.

Program studi aeronautika dan astronautika jarang ditemui di Indonesia, meskipun beberapa perguruan tinggi seperti ITB menawarkannya. Semoga dengan pengetahuan ini, akan lebih banyak generasi yang tertarik untuk memajukan kedirgantaraan Indonesia.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Aeronautika