5 Tren Teknologi Pembelajaran di 2021

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

23 Februari 2024, 16.23

Sumber: kompas.com

KOMPAS.com - Internet telah ada selama puluhan tahun untuk membantu usaha manusia. Banyak hal yang berubah berkat Internet, seperti perubahan sosial, budaya atau pendidikan. Dalam bidang pendidikan, internet memegang peranan yang sangat penting. Apalagi di masa pandemi Covid-19. Setiap orang harus bergantung pada internet agar pendidikan dapat berjalan. Setidaknya ada 10 tren tahun ini (2021). Apakah mereka? Pada pembukaan laman Pendidikan dan Kebudayaan LPMP Gorontalo, Kementerian Sains dan Teknologi, Naro Prasetyo (PTP LPMP Kabupaten Gorontalo) memberikan gambaran 10 tren teknologi pendidikan tahun 2021.

1. e-learning (pembelajaran elektronik)

-learning adalah pendidikan, pembelajaran atau pelatihan di Internet dengan menggunakan komputer atau perangkat digital lainnya. Internet, pengembangan multimedia, peralatan dan sistem pengelolaan pembelajaran harus siap untuk implementasi e-learning. Keuntungan menggunakan e-learning adalah guru dan siswa tidak harus berada di tempat dan waktu yang sama serta jam mengajar yang fleksibel.

2. Pembelajaran berbantuan video (pembelajaran berbasis video)

Ini adalah strategi pendekatan pengajaran menggunakan video pendidikan dan konseptual untuk meningkatkan pemahaman siswa, keterampilan kognitif, dan keterampilan sosial-emosional. Dengan bantuan video, materi pembelajaran dapat dibuat menarik melalui gambar dan suara. Video yang menarik dapat memotivasi siswa dan membantu mereka memahami konsep lebih cepat.

3. Teknologi Blockchain

Atau bisa juga disebut dengan teknologi buku besar terdistribusi. Ini adalah sistem yang memungkinkan orang mengubah informasi yang mereka bagikan. Contoh sederhananya adalah penggunaan Google Docs untuk membuat naskah. Script yang dibuat dapat diedit oleh beberapa orang sekaligus. Menyunting naskah tentunya dapat menghemat biaya dan waktu dibandingkan dengan menyunting dengan tangan yang harus diketik terlebih dahulu, kemudian disunting dan diketik ulang. Masih banyak lagi contoh kolaborasi menggunakan teknologi digital.

4. Big data

Atau ruang penyimpanan yang besar merupakan tuntutan masyarakat saat ini. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah pengguna internet dan meningkatnya penggunaan komputer, telepon seluler, dan perangkat digital lainnya. Dulu, perangkat seperti flash drive atau kartu memori berkapasitas 5-100 GB dibuat untuk menyimpan data. Saat ini kami dapat menggunakan penyimpanan cloud sebesar 1TB atau bahkan tidak terbatas.

5. Kecerdasan Buatan (Kecerdasan Buatan)

Kecerdasan buatan adalah bidang luas ilmu komputer yang berfokus pada penciptaan mesin cerdas yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia. Contoh kecerdasan buatan yang paling sering digunakan adalah penggunaan Google Maps, yang dapat mengukur jarak dan waktu antara satu tempat dengan tempat lain.

Disadur dari Artikel : kompas.com