10 Metode yang Telah Terbukti Untuk Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

29 April 2024, 08.34

sumber: pexels.com

Apa peran identifikasi bahaya dan penilaian risiko dalam manajemen proyek?

Identifikasi bahaya dan penilaian risiko menjadi dasar keselamatan dan pencegahan proyek yang proaktif. Kedua pekerjaan keselamatan tersebut digabungkan untuk mengurangi dan mencegah kemungkinan terjadinya insiden - dan memastikan bahwa aset, peralatan, dan manusia dijaga seaman mungkin.

Identifikasi bahaya dan penilaian risiko merupakan garis pertahanan pertama (dan semoga satu-satunya garis yang diperlukan) untuk mencegah insiden proyek, dan diikuti dengan laporan bahaya, laporan insiden, dan investigasi insiden jika diperlukan.

6 metode yang telah terbukti untuk identifikasi bahaya

Identifikasi bahaya terjadi ketika situasi, substansi, aktivitas, peristiwa atau lingkungan yang dapat menyebabkan cedera, sakit atau kematian pekerja diidentifikasi dan didokumentasikan.

Ada sejumlah metode untuk identifikasi bahaya, beberapa metode lebih proaktif daripada yang lain, namun semuanya membantu menciptakan proses identifikasi yang lebih sering dan sistematis yang menghasilkan pengurangan bahaya dan insiden.

Berikut ini adalah 8 metode yang dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi bahaya pada proyek atau di tempat kerja Anda:

Buatlah daftar periksa identifikasi bahaya yang dapat dengan mudah diisi ketika sebuah insiden teridentifikasi

Daftar periksa identifikasi bahaya yang baik dan mudah diisi dapat sangat membantu dalam mendorong dan menormalkan proses identifikasi bahaya saat muncul.

Daftar periksa identifikasi bahaya yang baik akan cukup komprehensif untuk memastikan orang yang mengisi formulir melakukan pemeriksaan yang diperlukan, namun juga ramping dan cukup singkat untuk mendorong mereka melakukannya tanpa melakukan terlalu banyak administrasi.

Contoh formulir identifikasi bahaya di bawah ini sangat komprehensif dan mencakup identifikasi lokasi secara umum. Anda dapat mempersingkat formulir Anda agar lebih spesifik untuk pekerjaan yang sedang dihadapi - dan menyesuaikannya.

Lakukan diskusi sebelum memulai pekerjaan yang akan dilakukan

Pada akhirnya, cara paling cerdas dan mudah untuk mengurangi insiden di tempat kerja adalah dengan membuat orang lebih sadar dan waspada terhadap apa yang mereka lakukan.

Melakukan diskusi sebelum memulai pekerjaan memungkinkan setiap orang untuk berbicara tentang apa yang mungkin berjalan dengan baik atau tidak, apa yang orang lain temui ketika mengerjakan hal ini sebelumnya (bersama-sama orang telah melihat dan mengidentifikasi lebih banyak bahaya) dan untuk meningkatkan kesadaran akan pekerjaan yang sedang dilakukan hari ini.

Mendorong dan memberi insentif kepada pekerja untuk mengenali bahaya di tempat kerja

Terkadang orang membutuhkan sedikit dorongan untuk melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan - dan pada akhirnya apa yang baik bagi mereka dan Anda.

Sering kali upaya untuk mendorong orang untuk mengenali bahaya dapat membantu, terutama dalam forum terbuka. Kadang-kadang orang merasa bahwa mereka bersikap dramatis atau membuang-buang waktu orang lain dengan mengidentifikasi dan melaporkan bahaya.

Cara terbaik untuk memastikan sikap ini tidak menyebar ke seluruh organisasi Anda adalah dengan secara terbuka mendorong organisasi Anda untuk bersikap proaktif, dan bahwa mengidentifikasi bahaya tidak akan membuang-buang waktu.

Jika dorongan tidak berhasil, maka Anda juga dapat menguji pemberian insentif dan gamifikasi beberapa proses keselamatan Anda. Misalnya, berikan hadiah, penghargaan atau pengakuan kepada orang yang paling banyak mengidentifikasi bahaya.

Melakukan inspeksi dan audit keselamatan secara rutin di tempat kerja Anda

Melakukan inspeksi dan audit keselamatan secara teratur membantu Anda memperhatikan lingkungan. Ketika Anda berkeliling dan secara aktif mencari masalah dan bahaya, masalah dan bahaya itu sering muncul.

Tidak perlu melakukan audit secara menyeluruh seminggu sekali, namun dengan melakukan inspeksi dan audit keselamatan secara rutin akan memastikan Anda mengetahui semua bahaya yang ada di tempat kerja.

Memantau, mengukur dan menguji lingkungan kerja

Tidak semua insiden dapat dengan mudah dilihat atau didengar. Bahkan, beberapa bahaya membutuhkan pemantauan yang lebih spesifik dan terperinci.

Pemantauan kebisingan, pemantauan getaran, dan aktivitas pemantauan lingkungan dan keselamatan lainnya dapat mengungkap bahaya yang tidak mudah terlihat yang sering kali diabaikan dan diabaikan.

Menyiapkan periode pengujian rutin memastikan Anda selalu melacak bahaya yang lebih mudah diabaikan yang bisa jadi lebih lambat, namun sama merusaknya.

Melihat kembali insiden dan laporan di masa lalu

Jika Anda cukup beruntung untuk mencapai titik di mana Anda mendapatkan aliran laporan dan formulir insiden bahaya secara teratur, maka penting untuk menindaklanjutinya untuk mencegah kejadian di masa depan.

Tindakan mengidentifikasi bahaya saja tidak cukup; seseorang harus mengambil tindakan (jika diperlukan).

Merupakan praktik yang baik untuk duduk dan membaca formulir identifikasi bahaya dan bahaya yang lalu untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan apa pun dan mencari pola dalam pelaporan.

4 metode yang telah terbukti untuk penilaian risiko

Membuat daftar risiko yang dapat diandalkan dan mudah dirujuk

Daftar risiko menguraikan risiko yang terkait dengan proyek tertentu sebelum dan selama masa proyek - dan mencantumkan rincian risiko tersebut, termasuk seberapa besar kemungkinan risiko tersebut akan terjadi dan dampaknya jika/apabila terjadi.

Daftar risiko Anda akan menjadi sumber kebenaran dan titik referensi tunggal untuk risiko proyek, dan merupakan bagian inti dari penilaian risiko Anda secara keseluruhan.

  • Daftar penilaian risiko
  • Pratinjau daftar lengkap
  • Templat daftar risiko

Lakukan analisis bagaimana-jika

Terkadang analisis bagaimana-jika disertakan dalam penilaian risiko, namun juga berguna sebagai praktik yang berdiri sendiri.

Melakukan analisis bagaimana-jika memungkinkan perusahaan, tim, dan individu Anda untuk bertanya apa yang bisa salah dan apa reaksi atau respons yang akan terjadi jika terjadi kesalahan.

Jenis analisis ini merupakan curah pendapat yang bagus dan fungsi pemaksaan yang bagus untuk menjadi lebih sadar akan jenis-jenis insiden di sekitar area, operasi, dan proses tertentu.

Gunakan studi bahaya dan pengoperasian (HAZOP)

Bahaya dan kemampuan operasi adalah metode penilaian risiko yang lebih menyeluruh. Metode ini dapat memakan waktu dan biaya, sehingga biasanya dilakukan ketika pimpinan menghendaki adanya perubahan dalam proses keselamatan atau ketika terdapat kinerja keselamatan yang buruk di masa lalu.

Ini adalah salah satu langkah proaktif yang lebih reaktif.

Lakukan analisis pohon kesalahan (FTA)

Analisis pohon kesalahan sangat bagus untuk mengidentifikasi cabang-cabang bahaya tertentu, dan memperhatikan keterkaitan bahaya dan bagaimana mengabaikan atau melupakan satu atau dua bahaya dapat mengakibatkan sejumlah efek lanjutan yang bersama-sama dapat menciptakan beberapa konsekuensi serius.

Disadur dari: sitemate.com