10 Biro Arsitektur Terunggul di Seluruh Dunia

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

05 Maret 2024, 09.49

Ilustrasi: Deposit Photor

Bangunan merupakan elemen penting yang tak terpisahkan dari lanskap perkotaan di berbagai belahan dunia. Banyak bangunan menakjubkan yang mendominasi cakrawala kota, hasil dari rancangan firma arsitektur terkemuka. Selain memiliki desain yang indah, bangunan-bangunan tersebut juga menjamin kekuatan strukturalnya.

Tingginya permintaan akan pembangunan kota pintar mendorong keterlibatan firma arsitektur terbaik dalam proses perencanaan. Berikut adalah daftar 10 firma arsitektur terbaik di dunia untuk tahun 2021, berdasarkan omset, skala proyek, dan manajemen perusahaan, menurut Construction Review dan Fortune:

  1. Aecom (AS)

    • Aecom, yang berpusat di AS, telah meraih peringkat favorit dalam majalah Fortune selama enam tahun berturut-turut. Mereka menawarkan berbagai layanan mulai dari arsitektur, desain, teknik, arkeologi, hingga manajemen risiko. Portofolio proyek mereka meliputi bandara internasional terkenal seperti Hong Kong, Sydney, LAX, JFK, dan Abu Dhabi, serta proyek Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio dan Marina Bay di Singapura.
  2. Aedas (Hong Kong)

    • Aedas, berbasis di Hong Kong, adalah hasil dari penggabungan tiga perusahaan dari Inggris, Australia, dan Hong Kong pada tahun 2002. Mereka memiliki lebih dari 1.400 karyawan yang tersebar di 12 kantor cabang di seluruh dunia, menawarkan layanan arsitektur, desain interior, dan perencanaan kota.
  3. BDP (Inggris)

    • BDP adalah perusahaan arsitektur terbesar kedua di Inggris, dengan total 950 karyawan dan kantor pusat di Manchester. Mereka memiliki kantor cabang di seluruh Inggris dan juga di Cina, UEA, India, Kanada, dan Singapura. Perusahaan ini terbentuk sejak tahun 1961 dan telah mengerjakan proyek-proyek besar seperti pengembangan Liverpool One dan Melbourne City Waterfront.
  4. DLR Group (AS)

    • DLR Group adalah firma arsitektur yang mengkhususkan diri dalam bangunan berkelanjutan, dengan fokus pada penggunaan teknologi dan desain yang ramah lingkungan. Mereka menawarkan berbagai layanan termasuk arsitektur, desain interior, arsitektur lanskap, dan energi.
  5. DP Architects (Singapura)

    • DP Architects, yang berbasis di Singapura, telah beroperasi sejak tahun 1967 dan memiliki 16 kantor cabang di seluruh Asia. Mereka terkenal atas karyanya dalam pembuatan masterplan Golden Mile Complex dan area retail Orchard Road. DP Architects memiliki lebih dari 1.100 karyawan.
  6. Foster and Partners (Inggris)

    • Foster and Partners, yang bermarkas di Inggris, didirikan pada tahun 1967 oleh arsitek terkenal Norman Foster. Mereka memiliki jaringan kantor cabang di seluruh dunia dan telah mengerjakan proyek-proyek ikonik seperti Jembatan Milenium, Stadion Wembley, dan Gherkin. Pada tahun 2019, firma ini melaporkan pendapatan sebesar 258 juta poundsterling.
  7. Gensler (AS)

    • Gensler adalah perusahaan arsitektur yang berbasis di AS dengan operasi di 48 kota di seluruh dunia. Mereka memiliki lebih dari 6.000 karyawan dan mencatatkan pendapatan sebesar 1,2 miliar Dolar AS pada tahun 2018.
  8. HDR (AS)

    • HDR, yang berdiri sejak tahun 1917, memiliki kantor pusat di Ohama dan lebih dari 225 kantor di Eropa, Australia, dan Asia. Mereka memiliki lebih dari 10.000 karyawan dan pendapatan tahunan mencapai 2,2 miliar Dolar AS.
  9. Heerim Architects and Planners (Korea Selatan)

    • Heerim Architects and Planners adalah perusahaan arsitektur terbesar di Korea Selatan, didirikan pada tahun 1970. Mereka memiliki 1.200 staf dan beroperasi di 13 kantor cabang di seluruh dunia.
  10. HKS (AS)

    • HKS, berbasis di Dallas, Amerika Serikat, didirikan pada tahun 1939 dan telah mengerjakan proyek-proyek bergengsi di seluruh dunia. Mereka memiliki 1.400 karyawan yang tersebar di 24 kantor cabang.

 

Disadur dari: https://www.kompas.com/properti/read/2021/12/11/111432221/10-biro-arsitek-terbaik-di-dunia-bagian-2?page=2